RT - readtimes.id

Wagub Sulteng, Hadiri Pembukaan Rakor TPID secara Virtual

Doc: Humas Sulteng

Readtimes.id– Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir, menghadiri pembukaan Rakor TPID secara virtual yang dibuka langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo, Kamis, 25 Agustus 2021.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur,  didampingi Staf Ahli Gubernur bidang Administrasi  Mohammad Nizam, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Abdullah Kawulusan dan plt. Staf Ahli Bidang SDA dan Pengembangan Wilayah Dahri Saleh.

Kepala BI Fery Wardio menyampaikan bahwa Inflasi nasional tahun ini dalam posisi terendah 1,52 % atau inflasi tahun ini ditargetkan pada posisi 3%.

Selanjutnya Gubernur BI Feri Wardio meminta peran semua pihak, Menko, Menteri, Gubernur, Bupati dan Wali Kota, agar terus dapat menjaga Inflasi Daerah dan pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahtraan masyarakat, selanjutnya Fery Wardio menyampaikan bahwa Thema Rakor PPID tahun ini adalah “Mendorong peran UMKM pangan melalui Optimalisasi Digitalisasi untuk mendukung pemulihan Ekonomi dan stabilitas harga pangan”.

Presiden RI Ir. Joko Widodo, menyampaikan beberapa hal antara lain : 

1. Presiden RI meminta kepada Menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota agar dapat terus menjaga stabilitas harga sebagai pilar untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mampu belanja.

2. Presiden RI meminta untuk mendorong peran UMKM pangan melalui optimalisasi digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga pangan.

3. Perekonomian Negara kita saat ini membaik bisa tumbuh sebesar 7,7% dan infalsi sebesar 1,52% , tetapi inflasi yang terlalu rendah juga dapat menimbulkan dampak yang kurang baik karena bisa melemahkan daya beli masyarakat.

4. Agar menjaga terus ketersediaan stok pangan nasional, stok kebutuhan pokok dan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian, agar dipastikan di lapangan stok pangan dan stok kebutuhan pokok masyarakat.

Wakil Gubernur Drs. Mamun Amir, menyampaikan rasa bangganya dengan tingkat pertumbuhan perekonomian sulawesi tengah dapat tumbuh sebesar 8,5%, dengan tingkat pertumbuhan tersebut bisa dipastikan kinerja OPD Pemerintah sudah dapat berjalan baik dan kinerja pemerintah secara umum sudah baik, pertumbuhan tersebut pasti dapat meningkat bilamana Program Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur dalam program 100 M/Tahun /Kabupaten dan Kota, karena Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan Kesejahtraan dan Mengurangi angka pengangguran, pemerataan pembangunan dan peningkatan infrastruktur daerah.

Sumber: Humas Sulawesi Tengah.

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: