RT - readtimes.id

Kloter Terakhir Debarkasi Makassar Tiba di Tanah Air, 3 Jamaah Masih Dirawat di Arab Saudi

Readtimes.id– Kelompok terbang (kloter) 37 jamaah haji debarkasi Makassar tiba di Tanah Air pada Minggu, 21 Juli 2024. Sebanyak 450 jamaah dipulangkan pada kloter terakhir ini.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh. Tonang, mengatakan hingga saat ini sudah ada 16.609 jamaah yang pulang dari 16.644 yang diberangkatkan. Sebanyak 35 jamaah haji wafat dan 3 masih menjalani perawatan di Arab Saudi.

“Ada 3 jamaah haji kita yang masih tertinggal di Tanah Suci dan ketiga itu masih dirawat di Arab Saudi. Mudah-mudahan mereka cepat pulih agar dapat dipulangkan segera ke Tanah Air,“ ucap Tonang.

Adapun 3 orang yang masih dirawat di Arab Saudi yakni Rismawati Muhammad (31) asal Makassar Sulawesi Selatan, Abdullah Basinu Johra (60) asal Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara dan Hadija Ely Lumakapul (86) asal Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku.

Tonang menegaskan petugas yang masih berada di Arab Saudi akan terus mengontrol kondisi para jamaah yang masih dirawat.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi mengatakan tahun ini inovasi pelayanan haji semakin dimaksimalkan. Pihaknya memuji pelayanan yang diberikan oleh embarkasi Makassar.

“Secara khusus embarkasi Makassar Alhamdulillah ini embarkasi yang cukup mengalami kemajuan dalam pelayanan. Kalau sebelumnya jamaah haji itu kan butuh waktu 7 jam untuk di pelayanan kesehatan administrasi paspor dan sebagainya untuk tahun ini sisa 2 jam, “ ujarnya usai menyambut kedatangan jamaah haji di Asrama Sudiang.

Meski demikian menurutnya pemerintah akan terus melakukan evaluasi pada pelayanan haji. Adapun diantaranya adalah tenda-tenda haji yang masih over kapasitas dan juga masalah penerbangan.

“Kemudian juga penerbangan juga paling butuh evaluasi. Terjadi delay sampai 60 kali,“ ujar Ashabul Kahfi.

Editor: Ramdha Mawaddha

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: