RT - readtimes.id

Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas, Menteri Perhubungan Minta Masyarakat Mudik Lebih Awal

Readtimes.id– Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk lebih cepat mudik lebaran. Jika perlu, mudik bisa dilakukan sebelum puncaknya yang diperkirakan terjadi pada 18-19 April.

Menurut Budi Karya, hal ini dilakukan untuk menghindari macet yang sering terjadi pada musim mudik.

“Kalau bisa mudik besok, jangan mulai tanggal 18-19 April. Tanggal segitu macet,” sebut Budi Karya dalam Diskusi Interaktif Program Mudik Berkesan 2023, di Command Center Mudik, Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Kamis 13 April 2023.

Terkait padatnya arus penumpang dan kendaraan pada mudik lebaran, Budi Karya menyebut bahwa pihaknya sudah menyiapkan cara untuk memecah permasalahan tersebut.

Adapun langkah yang disiapkan untuk mengatasi kepadatan arus kendaraan di puncak mudik adalah dengan skenario rekayasa lalu lintas, seperti contra flow, one way, ganjil genap, pembatasan angkutan barang, hingga manajemen rest area.

Tidak hanya itu, Budi Karya juga menyebut Kemenhub akan menggunakan Command Center untuk berkoordinasi dengan jajarannya di lapangan. Hal ini diharapkan bisa membantu dalam memantau kepadatan lalu lintas secara langsung.

“Jadi kita bikin command center semoga mudah koordinasi dengan seluruh Indonesia, lewat layar ini saya bisa melihat langsung kepadatan secara real time,” pungkasnya.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: