RT - readtimes.id

Asal Usul Hari Musik Nasional 9 Maret

Readtimes.id– Setiap 9 Maret Indonesia memperingati Hari Musik Nasional. Pemberian tanggal tersebut tentu punya sejarah panjang di baliknya. Yuk simak sejarahnya.

Dikutip dari ditsmp.kemdikbud.go.id, 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Tanggal ini diambil dari hari lahir WR Supratman yang jatuh pada 9 Maret 1903, lalu kemudian ditetapkan oleh Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang tertuang dalam Keppres Nomor 10 Tahun 2013.

Keppres tersebut menyebutkan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Berdasarkan hal tersebut dan dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional, maka tanggal 9 Maret ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional.

Lahirnya Hari Musik Nasional ini tak lepas dari adanya peran WR. Supratman dalam bidang musik yang juga peran dari kakak iparnya yaitu W.M. Van Eldick.

Bermula dihadiahi sebuah biola hingga mendirikan sebuah grup band jazz bernama Black and Whita, kemudian ia juga menciptakan lagu-lagu perjuangan yang salah satunya ialah “Indonesia Raya” yang sampai saat ini menjadi lagu kebangsaan Bangsa Indonesia.

Karier WR Supratman terus menanjak. hingga puncaknya, saat ia pindah ke Bandung dan memulai karier sebagai wartawan di surat kabar Kaoem Moeda pada tahun 1924.

Kemudian setelah itu, WR Supratman juga terlibat pada Kongres Pemuda Kedua. Di situlah, untuk pertama kalinya dia memperdengarkan lagu “Indonesia Raya” dengan iringan biolanya.

Lagu itu dia bawakan di hadapan seluruh peserta Kongres Pemuda. Dia membawakan lagu Indonesia Raya tepat saat sebelum dibacakannya putusan Kongres Pemuda atau Sumpah Pemuda.

Pada intinya, Hari Musik Nasional menjadi simbol kebangkitan musik nasional dan juga daerah. Diharapkan dengan ditetapkannya Hari Musik Nasional menjadikan masyarakat Indonesia lebih mencintai dan menghargai karya-karya musik Tanah Air.

Selamat Hari Musik Nasional!

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Nada Gamara Lembangan

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: