RT - readtimes.id

Dampak Gempa yang Guncang Yogyakarta, 137 Bangunan Rusak

Doc. BMKG

Readtimes.id– Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Yogyakarta pada Jumat 30 Juni 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 19.57 WIB. Lokasi tepatnya berada di 8.70 Lintang Selatan, 110,06 Bujur Timur. Titik gempa berada 94 kilometer dari Bantul.

Mengutip laporan dari akun resmi Twitter BMKG, gempa tersebut terjadi di kedalaman 25 kilometer (km). Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” mengutip akun Twitter BMKG, Jumat 30 Juni 2023.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperbaharui data dampak gempa.

Dari hasil pembaharuan per 1 Juli 2023 pukul 02.30 WIB, rentetan gempa dengan kekuatan magnitudo 6,4 yang terjadi beberapa kali mulai pukul 19.57 hingga 20.40 WIB itu menyebabkan ratusan rumah di DIY rusak.

“Total ada 137 unit bangunan rusak di wilayah DIY akibat gempa Jumat malam kemarin,” kata Pelaksana Harian Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Samsurizal, Sabtu 1 Juli 2023.

Sebaran kerusakan itu ada di Kabupaten Gunungkidul total dampak 79 unit, Kabupaten Bantul 35 unit, Kabupaten Kulon Progo 20 unit, dan Kabupaten Sleman sebanyak tiga unit.

Kerusakan 137 bangunan di seluruh titik itu terdiri dari rumah rusak sebanyak 106 unit dengan rincian 102 unit rusak ringan dan empat unit rusak sedang. Sedangkan fasilitas perkantoran terdampak total ada 12 unit yang terdiri 11 unit rusak ringan dan satu unit rusak sedang.

Adapun fasilitas rumah ibadah rusak ada lima unit dan fasilitas usaha tiga unit yang mengalami rusak ringan.

Kerusakan kategori ringan juga melanda dua unit fasilitas pendidikan, dua unit fasilitas kesehatan juga tiga kandang ternak warga.

Gempa itu turut membuat beberapa jaringan listrik, tiang listrik dan trafo listrik rusak ringan.

Danang mengatakan korban terdampak gempa baik langsung maupun tak langsung dari gempa bumi itu meninggal satu orang di Bantul dan luka luka sembilan orang.

Korban luka tersebar di Kabupaten Bantul lima orang, Kabupaten Gunung kidul dua orang dan Kabupaten Sleman serta Kulon Progo masing masing satu orang. (HI)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: