RT - readtimes.id

Diskominfo Santik Sulteng Bahas Pembangunan Smart Village

Readtimes.id– Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona memimpin Rapat Pelaksanaan Smart Village pada Senin, 24 Juni 2024. Rapat tersebut diikuti Kabid Aptika Kominfosantik Wahyu Agus Pratama, Perwakilan Common Room, Roa Jaga Roa, dan OPD terkait lingkup Provinsi Sulteng.

Sudaryano menyebut rapat tersebut dilaksanakan untuk membahas pembangunan Smart Village di Sulawesi Tengah, sebagaimana harapan dan kebijakan Gubernur Rusdy Mastura.

“Terdapat 132 Desa di Sulawesi Tengah yang menjadi sasaran program Smart Village pada tahun 2025 mendatang,” ujar Sudaryano.

lebih lanjut, ia berharap pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pembangunan Smart Village dapat mewujudkan desa yang mandiri, maju dan sejahtera di wilayah Sulawesi Tengah.

Hal tersebut sesuai dengan visi Sulawesi Tengah, yakni “Gerak Cepat menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”.

Sementara itu, Gustaff H. Iskandar selaku perwakilan Common Room Network Foundation juga menjelaskan, sejak masa Pandemi Covid-19, konektivitas internet telah menjadi alat penting untuk mendukung komunikasi sehari-hari.

Gustaff juga menjelaskan, pihaknya kini membangun sekolah internet komunitas di Sulawesi Tengah. Ia juga menyebut telah ada desa percontohan dari program tersebut.

“Saat ini, kami membangun sekolah internet komunitas di Sulawesi Tengah. Salah satu desa percontohan dari program ini adalah Desa Toro, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi,” sebutnya.

Nantinya, akan dilaksanakan Self Assessment (penilaian mandiri) bersama para kepala desa melalui zoom. Asesmen dilaksanakan untuk mengetahui lebih jauh kebutuhan desa yang menjadi sasaran dari Smart Village.

“Intervensi programnya berbeda. Berdasarkan hasil asesmen akan terlihat menu apa yang cocok dikembangkan di Desa tersebut, dalam konteks Smart Village,” tambahnya.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: