RT - readtimes.id

Fakultas Kehutanan Unhas Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

Doc. Istimewa

Readtimes.id — Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Kegiatan berlangsung mulai pukul 11.00 Wita di Aula Lantai 1 Fakultas Kehutanan Unhas, Kamis (21/3/2023). 

Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. Ir. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P., IPU. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk menyampaikan kepada dosen, tendik dan mahasiswa pentingnya mencegah pelecehan dan kekerasan seksual baik dalam maupun diluar lingkungan kampus . 

“Melihat kondisi saat banyak terjadi kekerasan seksual dan hal tersebut sangat merugikan pihak yang menjadi korban. Saya berharap melalui kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah dan menghindari kekerasan seksual dalam lingkungan kampus,” tutur A. Mujetahid. 

Lebih lanjut, A. Mujetahid mengatakan bahwa melalui kegiatan ini bisa sedikit banyak memberikan pemahaman kepada kita semua bahwa tindakan pelecehan dan kekerasan seksual merupakan tindakan yang melanggar hukum dan memberikan dampak negatif baik fisik maupun psikis korban. 

Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Ir. Aslina Asnawi, S.Pt., M.Si., IPM, ASEAN Eng. dalam materinya menyampaikan bahwa berdasarkan data Judical Research Society (JRS) dan INFID 2020 di Indonesia sebanyak 33 persen wanita mengalami kekerasan seksual dan 90 persen mengalami pelecehan seksual. 

“Berdasarkan data tersebut tim Satgas PPKS Unhas dalam mengantisipasi, mencegah dan menangani terjadinya peningkatan kekerasan dan pelecehan seksual dalam lingkungan kampus sehingga rutin dilakukan kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual terhadap dosen, tendik dan mahasiswa,” jelas prof. Aslina. 

Prof. Aslina mengatakan bahwa ruang lingkup pelecehan dan kekerasan seksual adalah tindakan yang dilakukan secara fisik dan non fisik (verbal, perilaku, sikap, cara pandang dan bahasa tubuh) dan melalui teknologi dan komunikasi (pasal 5 dan 1).

Perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Hasanuddin mempunyai kewajiban untuk mencegah terjadinya pelecehan dan kekerasan seksual, hal tersebut tertuang dalam pasal 6.

Usai pemaparan materi, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri sesi foto bersama. 

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: