RT - readtimes.id

Fasilitasi Ruang Belajar Inklusi, Pusat Disabilitas Unhas Hadirkan Taman Inklusif Jalinan Jiwa

Readtimes.id– Menciptakan ruang belajar yang inklusi, Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Pusat Disabilitas (Pusdis) Unhas menghadirkan Taman Inklusif Jalinan Jiwa. Berlokasi di depan Kantor Pusdis Unhas, Taman ini diresmikan pada Rabu, 26 Juni 2024.

Kepala Pusat Disabilitas Universitas Hasanuddin, Ishak Salim mengungkapkan taman ini nantinya akan digunakan sebagai ruang edukasi untuk publik terkait isu-isu disabilitas.

“Nah, pertama kita membutuhkan ruangan belajar untuk menyampaikan pengetahuan tentang isu-isu disabilitas. Banyak kelas – kelas dengan tema inklusivitas yang akan kita adakan di taman ini. Salah satu yang sudah rutin kita jalankan adalah kelas bahasa isyarat, “ ungkap Ishak pada Readtimes.

Pada kesempatan ini, Ishak juga membeberkan beberapa target Pusdis, yakni memastikan Unhas menerima 10 mahasiswa penyandang disabilitas
melalui jalur mandiri afirmasi disabilitas.

“Melalui jalur mandiri afirmasi disabilitas kami akan mengusahakan ada 10 difabel yang diterima di kampus ini, “ tambahnya.

Menurut Ishak, kehadiran Pusdis Unhas ke depan diharapkan tidak hanya memastikan adanya ruang belajar yang inklusif bagi penyandang disabilitas, melainkan juga membuka kesempatan yang luas agar para pelajar penyandang disabilitas kesempatan berkuliah di Unhas.

Sementara itu Wakil Rektor IV, Prof. Adi Maulana mengungkapkan bahwa kehadiran Pusat Disabilitas ini memberikan warna tersendiri bagi Unhas.

“Betapa kehadiran pusat disabilitas ini memberikan warna tersendiri bagi kami di Unhas, kami tidak ingin bahwa jargon kampus inklusif itu hanya kata-kata, “ ujar Prof Adi saat menghadiri peresmian Taman Inklusif Jalinan Jiwa.

Dia tidak menampik Unhas saat ini memang belum sepenuhnya ideal untuk menjadi kampus yang benar-benar dikatakan inklusif, namun menurutnya dengan kehadiran Pusat Disabilitas di dalam kampus, Unhas tengah mencoba untuk berfokus mengarah ke kampus inklusif.

Sebagai informasi, peresmian Taman Inklusif Jalinan Jiwa juga dirangkaikan acara peringatan satu tahun Pusat Disabilitas Universitas Hasanuddin.

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: