RT - readtimes.id

Film Oxygen 2021

Readtimes.id–  “Oxygen” adalah hasil dari tangan sutradara Alexandre Aja. Dirilis pertama kali di Netflix pada tanggal 12 Mei 2021. Bertema Scientist-Fiction, film ini mampu mengajak penonton untuk berpikir tentang teka-teki di kepala sang tokoh utama, Liz. 

Selain itu, kondisi claustrophobia (ketakutan berlebih pada tempat sempit atau tertutup) yang dialami Liz  juga menyulap mereka yang menyaksikan merasakan perjuangan pada ketidakberdayaan yang dirasakan Liz. 

Liz diperankan oleh Melanie Laurent. Dalam wawancara bersama Nightmarish Conjurings, Alexandre Aja mengemukakan fakta bahwa film Oxygen pada awalnya memiliki skrip berbahasa Inggris dan  Noomi Rapace akan jadi pemeran utama dalam film tersebut. Akan tetapi, kondisi pandemi mengharuskan dia kembali ke Prancis untuk isolasi. Pada keputusannya, Oxygen dibuat dalam versi Prancis dan menunjuk Melanie Laurent sebagai lead dari film ini. 

“Saya tahu, saya membutuhkan seseorang yang akan memiliki keterampilan yang sama, kekuatan yang sama, energi yang sama, kredibilitas yang sama sebagai seorang ilmuwan,” kata Aja. Dan Melanie mampu mengemas itu sumu dalam film Oxygen. 

Sinopsis “Oxygen” 

Bagai sirine dalam kegelapan, ruangan itu menjelma tegang. Sesuatu sedang berusaha keluar dari bungkusan yang menyerupai kepompong. Begitu ketat dan rekat namun dipaksa koyak. Segala upaya dilakukan demi keluar dari sana. 

Berhasil, wujud manusia, seorang perempuan nampak lega walau belum hilang dari kebingungan yang gila. Ia tidak tahu dirinya dan tidak tahu berada dimana. 

Belum hilang dari kebingungan, ruangan itu dipenuhi dengan suara monitor yang menampilkan angka entah bermakna apa. Potongan-potongan ingatan seketika menyerang kepalanya. Cemas, takut, khawatir bercampur jadi satu sampai akhirnya suara lain terdengar memecah ketegangan yang tercipta. 

M.I.L.O, sistem kecerdasan buatan yang terhubung dengan pod kriogenik, kapsul yang berjarak lebih dari seribu kilometer dari Bumi. Di sanalah perempuan itu berada. Dari M.I.L.O, perempuan itu kemudian tahu bahwa dia bernama  Liz, Dr. Elizabeth Hansen, seorang ilmuwan perempuan yang sedang mempertaruhkan nyawa, ingatan dan waktunya yang tersisa 90 menit dari kapasitas oxygen kriogenik. 

Mengetahui informasi menyeramkan itu, Liz diserang kecemasan berlebih sehingga memacu detak jantungnya. Dalam dirinya berkecamuk namun dengan sisa harapan yang entah seukuran partikel atau zat paling kecil sekalipun, Liz menenangkan diri dan mencari cara untuk bisa keluar dan selamat dari sana. 

Apakah Liz berhasil keluar dari kriogenik ? Silahkan temukan jawabannya di aplikasi nonton Netflix.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: