RT - readtimes.id

Gaji ASN Pemprov Sulsel Belum Terbayar, BKAD Angkat Bicara

Readtimes.id– Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) terpaksa dibuat gigit jari. Pasalnya, gaji Desember 2023 mereka belum terbayarkan hingga pertengahan Januari 2024.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulsel Salehuddin menyebut hal ini terjadi akibat adanya penyesuaian sistem baru pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) RI pada pemerintah daerah.

Hal tersebut turut berpengaruh terhadap pencairan gaji ASN. Salehuddin menyebut pihaknya mengupayakan gaji tersebut dapat diselesaikan pekan ini.

“Dari sisi keuangan, sudah tersedia untuk pembayaran gaji. Kami juga tidak menunggu DPA selesai,” sebutnya pada Selasa (16/1).

Lebih lanjut, Salehuddin menyebut tahun 2024 merupakan pertama kalinya dilakukan penggunaan sistem SIPD RI penatausahaan di seluruh daerah di Indonesia.

Terkait pembayaran gaji ASN, perangkat daerah terlebih dahulu diharuskan melakukan ‘entry’ terhadap anggaran kas ke aplikasi SIPD RI. Selanjutnya, BKAD menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk masing-masing Perangkat Daerah (PD) yang sudah mengajukan SPM.

“Kendalanya, adanya penyesuaian terkait SIPD RI penatausahaan. Jadi bukan hanya di Pemprov, juga terjadi di daerah (kabupaten/kota),” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah ASN mengeluhkan gaji bulan Desember 2023 yang tak kunjung terbayarkan. Padahal, ada banyak kebutuhan mendesak di awal tahun 2024.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: