RT - readtimes.id

Gelar Career Talk, Pusat Karir Unhas Hadirkan Presdir Mars Symbioscience Indonesia

Readtimes.id — Career Center Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Career Talk bertema “What Should Z Generation Prepare to Enter Job World”, Jumat 28 Juli 2023.

Berlangsung secara daring melalui Zoom meeting, kegiatan ini menghadirkan pembicara utama Presiden Direktur PT Mars Symbioscience Indonesia, Marlyn Patta Sumbung. Selain itu, dari Mars Symbioscience Indonesia juga hadir Pradiazty Ayu yang merupakan People & Organization Business Partner Indonesia.

Mengawali kegiatan, Kepala Career Center Unhas, Sahriyanti Saad, SHut MSi PhD menjelaskan bahwa Career Talk adalah bagian dari upaya Unhas untuk mempersiapkan alumninya memasuki dunia kerja.

“Dengan Career Talk ini, mahasiswa dan alumni Unhas bisa mendapatkan insight dengan mitra yang sudah bekerja sama dengan Unhas. Semoga adik-adik sekalian dapat memperoleh wawasan yang banyak pada kegiatan ini yang nantinya menjadi bekal dalam meniti karier,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengucapkan terima kasih kepada PT Mars yang telah menjadi mitra Career Center Unhas dan atas kesediaannya berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa Unhas dalam Career Talk ini.

Presiden Direktur PT Mars Symbioscience Indonesia, Marlyn Patta Sumbung banyak mengulas soal karakteristik gen z seperti melek teknologi, multitasking, kreatif, dan memiliki kemauan untuk maju. Menurutnya, karakteristik tersebut adalah potensi generasi z yang banyak dicari perusahaan.

“Termasuk di Mars yang kerap mencari talenta-talenta muda dari gen z. Jadi karakter-karakter gen z tersebut harus dipertahankan dan dimaksimalkan di dunia kerja,” jelasnya.

Selain itu, Marlyn yang merupakan alumni jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin ini juga menyinggung soal strawberry generation. Istilah strawberry generation kerap melekat pada generasi z, yang artinya tampak kuat dan eksotis dari luar, namun begitu ditekan akan mudah hancur.

“Ini yang selalu menjadi bias bagi generasi z. Jadi kalian harus membuktikan bahwa hal tersebut tidak terjadi. Show you are not ‘strawberry,” lanjutnya.

Sedangkan Pradiazty Ayu dalam pemaparannya banyak menjelaskan tentang persiapan seorang generasi z untuk memasuki dunia kerja. Salah satunya dengan menyiapkan curriculum vitae atau CV.

“Baiknya menggunakan CV ATS, bikin CV jangan terlalu macam-macam. Jadi perusahaan biasanya pakai ATS untuk job yang general karena satu jenis pekerjaan bisa sampai lima ribu CV yang masuk,” terang Ayu.

Sebagai profesional dalam perekrutan pekerja, Ayu juga menekankan pentingnya komunikasi dua arah saat wawancara. Selain itu, saat wawancara, yang tak kalah penting menurutnya adalah kepercayaan diri dan harus menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat terbaik.

“Jangan lupa untuk terus mengembangkan diri. Dunia ini sangat cepat, jadi harus memperkaya kemampuan diri, memikirkan inovasi yang sedang tren, dan harus resilience atau tangguh,” lanjutnya.

Peserta pun antusias mengikuti webinar ini. Sejumlah peserta juga banyak bertanya tentang peluang-peluang berkarir di Mars. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: