RT - readtimes.id

Gubernur Sulawesi Tengah Terima Audiensi Ketua PPHM

Readtimes.id–Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura menerima audiensi
Ketua Penyelesaian Pelanggaran HAM Berat (PPHAM) Prof. Dr. Makarim Wibisono dan Prof. Dr. Zainal Abidin Mochtar beserta Jajaran pada
Selasa, 29 November 2022.

Audiensi antara Ketua PPHAM dan Ketua Komnas HAM Sulteng bersama Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura yakni membahas terkait perhatian pada masyarakat korban pelanggaran HAM peristiwa 1965 dan 1966 di Kota Palu.

Selaku Ketua PPHM, Prof. Dr. Makarim Wibisono, selaku Ketua PPHAM menyampaikan bahwa tujuan kunjungan langsung kepada Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, sekaitan dengan informasi perhatian H. Rusdy Mastura selaku Walikota Palu sebelumnya dalam mengupayakan pemulihan hak – hak korban pelanggaran berat Peristiwa 1965 dan 1966.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan awalnya dimulai dari penetapan program Kota Palu Zero Properti.

Setelah dilakukan pendataan masyarakat miskin yang menerima Program Zero Properti banyak dari masyarakat Korban Peristiwa 1965 , karena dengan stigma yang melekat kepada Korban Peristiwa 1965 -1966.

Anak anak mereka tidak melanjutkan Pendidikan dan tidak memiliki akses dala pemerintahan dengan stigma yang melekat kepada mereka.

“Dengan rasa kemanusiaan saya sehingga saya spontan menyampaikan permohonan maaf atas nama pemerintah terhadap Korban Pelanggaran HAM 1965,1966,” ucapnya

Waktu itu tidak ada penolakan atau protes kepada saya atas pernyataan saya itu Kata Gubernur .

Sejak itu, seluruh kegiatan Pemda Kota Palu melibatkan Korban , Upacara – Upacara yang dilakukan di siapkan undangan dan tempat duduk kepada mereka dan mereka mendapat hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat lainnya.

Gubernur Juga menyampaikan setelah ini Kota Palu dicanangkan ‘Kota sadar HAM’.

“Kebijakan saya tidak diprotes tokoh-tokoh agama dan pemuka masyarakat dan korban pelanggaran HAM tersebut tidak meminta apa apa, hanya meminta pengakuan bahwa hak mereka sama dengan masyarakat lainnya”lanjutnya

Merespon hal tersebut Ketua PPHAM Prof. Dr. Makarim Wibisono , menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura.

Ia juga menyampaikan penghargaan yang sebesar besarnya dan langkah Gubernur sangat langkah di Tanah Air ini.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: