RT - readtimes.id

Gubernur Sulteng Hadiri Syukuran Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tombolotutu

Doc. Humas Tolitoli

Readtimes.id– Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, bersama Ibu Ketua TP.PKK Provinsi Dr. Hj. Vera Rompas, Ketua Forkopimda Provinsi, Bupati Parigi H. Samsurizal Tombolotutu Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Ngai, Mantan Gubernur Sulawesi Tengah Periode 2011-2021, Drs. Longki Djanggola,M.Si, Hadir Pada Acara Syukuran Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tombolotutu, bertempat di Rumah Raja Moutong desa Tinombo, 26 November 2021. 

Pada Kesempatan Itu Gubernur dan Ibu Ketua TP.PKK Provinsi didampingi Plt. Staf Ahli Gubernur Rohani Mastura, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang dan beberapa OPD Provinsi, juga dihadiri Raja Dari Majenne dan keluarga Raja Tombolotutu dari Banggai dan Tojo Una Una.

Gubernur bersama Ibu Ketua TP.PKK Provinsi, Sebelum mengikuti acara Syukuran Terlebih dahulu Melakukan Ziarah Ke Makam Pahlawan Nasional Tombolotutu, di Desa Toribulu Kecamatan Toribulu selanjutnya mengikuti kegiatan KONI di Desa Tinombo dan selanjutnya mengikuti acara Syukuran Penganugerahan Gelar Pahlawan Tombolotutu.

Pada Kesempatan Itu sambutan Ahli Waris Keluarga Mulhanan Tombolotutu, SH. menyampaikan rasa syukur yang begitu besar dari keluarga Ahli Waris Tombolotutu atas penghargaan yang diberikan Negara Kepada Nenek Leluhur Tombolotutu atas perjuangannya untuk melawan dan mengusir penjajahan Belanda di Teluk Tomini.

Mulhanan Tombolotutu juga menyampaikan bahwa Ahli Waris Pahlawan Nasional Tombolotutu menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Parigi Moutong atas pelaksanaan kegiatan Syukuran atas Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tombolotutu yang sudah diberikan secara langsung kepada keluarga di Istana Negara tepat pada hari Pahlawan Nasional 10 November yang lalu oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, 

Ahli Waris Pahlawan Nasional Tombolotutu, Mulhanan Tombolotutu, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Mantan Gubernur Sulawesi Tengah semasa beliau menjabat Bupati Parigi Moutong sudah menginisiasi dan mengusulkan Gelar Pahlawan Kepada Tombolotutu, demikian juga kepada Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, yang meneruskan perjuangan Pengajuan Gelar Pahlawan Nasional.

Karena Kedatangan Tim Pengkaji Pusat yang diterima Gubernur H. Rusdy Mastura, Gubernur banyak mengetahui sejarah perjuangan Perlawanan Tombolotutu kepada Penjajahan Belanda sehingga Tim Pengkaji Memberikan penilaian bahwa Tombolotutu layak dan Pantas diBerikan Gelar Pahlawan Nasional dan diputuskan Presiden RI tentang Pemberian Gelar Pahlawan Nasional kepada Tombolotutu.

Mulhanan Tombolotutu Mewakili Seluruh Keluarga bahwa pemberian Gelar Pahlawan Nasional ini bukan hanya kebanggan Keluarga juga menjadi kebanggan Sulawesi Tengah dan Kebanggan Negara, sehingga Ahli Waris menyetujui segala bentuk monumen yang mengabadikan Pahlawan Nasional Tombolotutu, karena Tombolotutu sudah menjadi Milik Semua.

Selanjutnya Tim Peneliti Perlawanan Tombolotutu, Dr. Lukman Najamudin, menyampaikan bahwa pelaksanaan kajian terhadap perlawanan Tombolotutu merupakan Amanat Universitas dari Malaysia sehingga Tim Peneliti menghubungi keluarga dan keluarga memberikan dukungan dan persetujuan untuk melakukan penelitian Perlawanan Tombolotutu, tetapi tidak mudah untuk menemukan bukti bukti pendukung tetapi banyak bukti tulisan perlawanan Tombolotutu yang berbahasa Belanda dan juga bukti sejarah perlawan yang terdapat pada Arsip Nasional sehingga Buku “Bara Perlawanan di Teluk Tomini” dapat dibukukan yang menjadi sumber pendukung pemberian Gelar Pahlawan Nasional Tombolotutu.

Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Ngai, SE, Membacakan Sambutan Bupati Parigi Moutong, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada Putra Terbaik Sulawesi Tengah Khususnya Kabupaten Parigi Moutong atas Perlawanannya untuk mengusir penjajah melalui beberapa kali memimpin pertempuran dengan penjajah Belanda, ucapan terimakasih juga disampaikan pemerintah daerah kabupaten parigi moutong kepada Tim Pengkaji Perlawanan Tombolotutu, Kepada Gubernur Sulawesi Tengah atas Dukungannya sehingga Presiden RI menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada Tombolotutu. 

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan rasa bangga dan bersyukur atas penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Pejuang dari Sulawesi Tengah yaitu Tombolotutu, Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa 10 Tahun yang lalu Sudah menyampaikan dorongan kepada Mulhanan Tombolotutu agar Napak Tilas Perjuangan Tombolotutu dapat diabadikan dan dapat diajukan untuk mendapat Gelar Pahlawan Nasional, Gubernur Menyampaikan bahwa pemberian Gelar Pahlawan Nasional Kepada Pejuang Sulawesi Tengah merupakan Kebanggaan dan harga diri masyarakat sulawesi tengah atas Perlawanan dan perjuangan tokoh sulawesi tengah yang ikut mengusir penjajah Belanda yang dibuktikan dengan beberapa kali melakukan perang terhadap penjajah Belanda.

Selanjutnya Gubernur menyampaikan akan mendorong sejarah perjuangan perlawanan Pahlawan Nasional akan dimasukkan dalam Kurikulum Sekolah dan meminta agar Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Tombolotutu dapat diperingati untuk dapat menjadi motivasi kepada generasi penerus untuk meneladani perjuangan Tombolotutu ,walaupun caranya sudah berbeda tetapi dengan tujuan untuk mengisi Perjuangannya dengan meningkatkan Pembangunan di Sulawesi Tengah.

Gubernur Juga menyampaikan agar dapat diusulkan dan diperjuangkan Gelar Pahlawan Nasional kepada Tokoh Pejuang Sulawesi Tengah yang lainnya, karena banyak tokoh pejuang sulawesi tengah yang layak untuk mendapat penghargaan Gelar Pahlawan Nasional.

Diakhir acara Ahli Waris Mulhanan Tombolotutu Menyerahkan Salinan Keputusan Presiden tentang Gelar Pahlawan Nasional dan Dokumen lainnya kepada Bupati Parigi Moutong yang diterima Wakil Bupati Parigi Moutong selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura. 

Sumber: Biro Adm Pimpinan.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: