RT - readtimes.id

Hari Pahlawan, Jokowi Serahkan Gelar Pahlawan Nasional ke Enam Tokoh

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Sebanyak enam tokoh mendapatkan gelar pahlawan nasional dalam peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11). Gelar tersebut diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam upacara penyematan yang dilaksanakan di Istana Negara.

Penyematan gelar pahlawan nasional tersebut diresmikan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 119/TK/Tahun2023 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Jokowi menyebut penyematan tersebut adalah bentuk penghargaan terhadap kontribusi tokoh-tokoh tersebut kepada bangsa dan negara.

“Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara,” ujarnya dalam upacara tersebut.

Adapun tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional tahun ini adalah Ida Dewi Agung Jambe (Bali), Bataha Santiago (Sulawesi Utara), M. Tabrani (Jawa Timur), Ratu Kalimanyat (Jawa Tengah), KH. Abdul Chalim (Jawa Barat), dan KH. Ahmad Hanafiah (Lampung).

Gelar pahlawan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Jokowi kepada para ahli waris dari masing-masing tokoh. Tidak lupa, Jokowi mengambil foto bersama ahli waris dari para tokoh tersebut.

Selain kepada sejumlah tokoh nasional yang telah disebutkan, Jokowi juga memberikan tanda kehormatan kepada Gianni Infantino. Presiden FIFA tersebut menerima Bintang Budaya Paramadharma.

Sebelumnya, Jokowi juga merayakan Hari Pahlawan dengan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Ia juga memimpin mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga.

Jokowi juga melakukan sekar bunga di sejumlah makam pahlawan. Beberapa di antaranya makam Presiden Ke-4 RI BJ Habibie.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: