RT - readtimes.id

HCP Batch 2 untuk Alumni Unhas Kembangkan Potensi dan Bersaing di Dunia Kerja

Readtimes.id — Career Development Center (CDC), Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Hasanuddin Career Program (HCP), Jumat (19/5).

Bertempat di Aula Prof Mattulada Unhas, HCP diikuti 150 peserta yang merupakan mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate.

Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit Penyiapan Karir Unhas, Sahriyanti Saad, SHut MSi PhD. Dalam sambutannya, Sahriyanti Saad menjelaskan bahwa HCP merupakan program rutin Pusat Karir Unhas. Tahun ini HCP dijadwalkan sebanyak delapan kali, mengikuti jumlah periode wisuda.

“HCP ini merupakan salah satu program utama CDC Unhas untuk mengembangkan potensi alumni sehingga siap menghadapi dunia kerja,” jelasnya.

Sahriyanti Saad menambahkan bahwa pada HCP Batch II 2023 ini, CDC menghadirkan dua pemateri dari perusahaan atau industri yang sedang naik daun, yaitu startup dan beauty industry.

“Kami berharap lulusan Unhas secara individu bisa bersaing di luar. Kami berusaha membuat program untuk membekali agar mereka siap kerja di dunia yang lebih nyata,” tambahnya.

Pada HCP kali ini, peserta dibekali dua materi, yaitu tentang “Etos Kerja Peoduktif: Sukses Berkarir” yang dibawakan oleh HR Business Partner Coord East Regional Paragon Corp, Ayu Ardhillah Yuliartha dan materi “Knowing Yourself: Seizing Opportunities oleh Regional Head Sales East Indonesia/District Head Gojek Sulawesi, Daru Puji Utomo.

“Terima kasih CDC telah mengundang Paragon Corp,
materi seperti ini memang sangat menarik dan dibutuhkan lulusan sekarang,” ucap Ayu Ardhillah memulai materi.

Perempuan yang sudah berkarier selama delapan tahun di Paragon tersebut juga menjelaskan mengenai tahapan-tahapan karir yang akan dilalui fresh graduate, tips membuat curriculum vitae (CV), hingga tips dan trik wawancara kerja.

Sementara itu, Daru Puji Utomo banyak berbagi pengalamannya saat merintis karier sebagai fresh graduate di sejumlah perusahaan multinasional. Ia juga menjelaskan tentang personal values dan goals yang harus dimiliki saat ini.

“Jangan pernah berhenti belajar, lifelong learning.
Lulus kuliah, bukan berarti proses sudah selesai,” terangnya.

Ia juga berpesan kepada peserta agar tidak takut terhadap tantangan dan memanfaatkan peluang-peluang yang datang untuk lebih mengembangkan kapasitas diri.

Selain dua materi di atas, peserta kemudian mengikuti TOEFL test preparation dari Macca Education. Tes TOEFL ini juga disiapkan CDC Unhas agar bisa digunakan oleh peserta saat melamar pekerjaan maupun bekal saat menyiapkan beasiswa studi lanjutan.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: