RT - readtimes.id

Ilmu Kelautan Unhas Gelar Penyuluhan Budidaya Tambak dan Workshop Pengolahan Sampah Plastik

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Departemen Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Lakkang, Kota Makassar pada Sabtu, 29 Juli kemarin.

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah Penyuluhan Budidaya Tambak dan Workshop Pengolahan Sampah Plastik yang digelar secara terpisah.

Lurah Lakkang, Irwan Rahim dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kegiatan pengabdian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Lakkang yang mayoritas adalah petambak.

Irwan berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat memanfaatkannya untuk dapat menyelesaikan permasalahan selama ini.

“Ini kesempatan bagi wargaku untuk bertanya menyampaikan permasalahan-permasalahan pertambakan yang dialami selama ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Departemen Ilmu Kelautan Unhas, Dr Khaerul Amri, ST MSc menyampaikan jika kegiatan ini merupakan pengabdian yang dilakukan oleh dosen Ilmu Kelautan sebagai implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Ia menuturkan jika Kelurahan Lakkang ini dekat dengan Unhas dan berkaitan dengan ilmu kelautan, hanya saja karena aksesnya yang relatif tertutup sehingga hanya bisa didatangi dengan menggunakan perahu.

“Lakkang ini termasuk perkampungan yang dekat dengan kami. Karena itu lah kami usahakan untuk melakukan pengabdian di sini, apalagi masyarakatnya dominan petambak,” ujar Khaerul di depan masyarakat petambak dan nelayan di Lakkang.

Di tempat yang berbeda, ibu-ibu rumah tangga Lakkang dibekali keterampilan mengolah sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti dompet dan tas-tas dari plastik.

Diketahui, hadir sebagai pemateri adalah Ahmad Idrus, SH dari Rappo Indonesia yang memberikan penyuluhan serta membekali keterampilan masyarakat untuk mengolah sampah plastik menjadi berguna.

Ketua LPPM Lakkang, Ruslan mengharapkan agar Ilmu Kelautan tidak bosan-bosannya untuk melakukan pengabdian di Lakkang.

“Kami mengharapkan datang lagi pak, apalagi jaraknya dengan Ilmu Kelautan sangat dekat dan materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kami,” ujar Ruslan.

Editor : Ramdha Mawadda

*HI

Avatar

Dewi Purnamasakty

11 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: