RT - readtimes.id
sumber gambar : redbubble.com

Jangan Stress, Lakukan 5 Hal Ini Selama Isolasi Mandiri

sumber gambar : redbubble.com

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan alur pelayanan bagi pasien Covid-19 pada 16 Oktober 2020, pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala dan gejala sakit ringan-sedang diimbau untuk isolasi mandiri di rumah. Namun, selama isolasi mandiri pasien diminta untuk tetap melakukan protokol isolasi mandiri.

Selama isolasi mandiri, ini mungkin bisa ikut berdampak pada mental kesehatan karena tidak dapat melakukan beberapa aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan apalagi telah mendapatkan hasil positif Covid-19.

Terdapat sejumlah panduan isolasi mandiri di rumah untuk menjaga kesehatan mental yang sudah dihimpun readtimes.id dari beberapa sumber. Berikut tips menjaga kesehatan mental selama isolasi mandiri :

1. Belajar Hal Baru

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari keterampilan yang mungkin belum pernah dipelajari sebelumnya. Mengambil kursus online mungkin bisa membantu kesehatan mental dengan membuat pikiran tetap sibuk, sekarang sudah ada beberapa situs seperti IndonesiaX yang  mengajarkan berbagai bidang seperti belajar menjadi penyiar radio, pengenalan cara berpikir kreatif, dan lain sebagainya.

Bagi yang tertarik dibidang ilustrasi, desain, fotografi, video dan lainnya, bisa mencoba SkillShare.

2. Tetap Terhubung

Hubungan sosial yang positif sangat penting untuk kesehatan mental dan membantu mengatasi saat-saat stress. Saat isolasi mandiri yang memaksa untuk menjauhkan diri dari orang lain jadi penting memelihara jaringan sosial dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sesederhana menelepon teman atau keluarga untuk berbagi pengalaman dengan menggunakan aplikasi seperti Whatsapp, Facetime, Facebook Messanger, Instagram, dan lain-lain.

3. Membuat Kerajinan

Ada beberapa kegiatan kerajinan yang sangat menyenangkan yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang seperti melukis, menggambar, merajut, menjahit, kerajinan kertas, atau membuat perhiasan. Kalau kebingungan, mencari inspirasi lewat Pinterest adalah pilihan yang tepat.

4. Olahraga

Tidak bisa jalan-jalan atau ke gym bukan jadi masalah. Cukup dengan ponsel, kamu bisa memulai latihan melalui Youtube secara gratis. Misalnya seperti kelas yoga atau olahraga ringan seperti push-up, sit-up atau joging di tempat. Sekarang juga sudah ada beberapa aplikasi yang bisa memandu untuk melakukan olahraga di rumah.

5. Mengatur Jadwal Harian

Ada baiknya untuk merencanakan kegiatan harian selama isolasi mandiri untuk membantu menghabiskan waktu jika merasa tidak punya hal yang harus dikerjakan. Mulai mengatur jadwal rutin seperti bangun setiap pagi jam berapa, makan pagi, makan siang, makan malam, dan jam tidur. Kegiatan harian seperti mencuci pakaian dan kegiatan yang disukai untuk mengisi waktu luang bisa dibuatkan jadwal.

Avatar

Ona Mariani

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: