RT - readtimes.id

Jelang Nyepi, Mesin ATM di Bali Nonaktif Mulai 21 Maret

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali menyampaikan adanya pembatasan kegiatan operasional pelayanan BI dan perbankan pada Selasa 21 Maret 2023 mulai pukul 10.00 WITA.

Selanjutnya sarana mesin ATM akan beroperasi kembali pada hari Kamis 23 Maret 2023 pukul 07.00 WITA. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Kpw BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho dalam keterangan tertulis pada Senin, 20 Maret 2023.

Meski begitu, layanan perbankan berbasis elektronik atau digital seperti mobile banking akan tetap beroperasi seperti biasa dengan ditunjang oleh sarana jaringan internet.

Adanya pembatasan kegiatan operasional jelang Hari Raya Nyepi, membuat beberapa aktivitas seperti layanan penarikan dan penyetoran kas perbankan, serta kegiatan pertukaran warkat debet seperti cek atau bilyet giro ditiadakan.

Layanan Kpw BI Provinsi Bali akan kembali dibuka pada Jumat, 24 Maret 2023.

Trisno juga menyampaikan Bank Indonesia telah menyediakan uang tunai sebesar Rp4,36 triliun atau 1 ½ kali dari kebutuhan masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan uang tunai dengan jumlah yang cukup dan jenis pecahan yang sesuai dengan kebutuhan.

Menurut data, kebutuhan uang tunai di wilayah Bali jelang Hari Raya Nyepi dan bulan Ramadan, diproyeksikan akan meningkat sebesar 5% yaitu dari sebesar Rp 2,8 triliun pada 2022 menjadi sebesar Rp 2,98 triliun di tahun 2023.

Demikian pula dengan transaksi digital berbasis QRIS mengalami peningkatan dari Rp 104,3 miliar di Januari 2022 menjadi Rp 383 miliar di Januari 2023 atau meningkat sebesar 267%.

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: