RT - readtimes.id

Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Readtimes.id – Buah merupakan salah satu makanan yang dapat kita konsumsi bahkan menjadi prioritas kita selama bulan Ramadan. Dengan mengonsumsi buah, maka kebugaran tubuh akan tetap terjaga, dan juga tubuh akan tidak terasa lemas saat puasa.

Agar tubuh selalu terpenuhi nutrisinya, maka dari itu harus dilengkapi dengan asupan buah saat sahur. Lalu bagaimana cara kita untuk memenuhi nutrisi tubuh?

Dikutip channel Youtube VDCC Health, saluran yang membahas seputar kesehatan dari dokter-dokter spesialis, dr. Ida Gunawan, MS, SpGK (K) mengatakan, mengonsumsi buah yang banyak mengandung air saat sahur dapat membuat tubuh tidak lemas.

“Buah mengandung banyak air dikonsumsi sebelum makan sahur agar serat dalam tubuh kita dapat teratur dan pelepasan glukosanya tidak naik turun, sehingga ketahanan lapar kita bisa berlangsung lama,” ujarnya.

Untuk membuat tubuh tetap fit serta tidak lemas ketika berpuasa, berikut ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi saat sahur. Yaitu buah semangka, melon, jeruk, jambu merah, dan mangga.

Buah tersebut tinggi serat, dan akan membuat orang yang mengonsumsinya menjadi tahan lapar lebih lama.

Buah tersebut cukup dipotong dan lebih baik dimakan secara langsung. Karena jika buah tersebut dihaluskan atau dibuat jus, maka serat dari buah hanya sebagian yang terambil dan kebanyakan terbuang begitu saja. Sehingga, serat dan cairan yang ada di buah tersebut hilang.

Karena tubuh manusia sebagian besar adalah cairan, saat kekurangan cairan tersebut maka fungsi tubuh ki tidak maksimal.

Namun, buah tersebut hanya berfungsi untuk menambah air saja. Jadi, tetap harus mengimbanginya dengan air mineral yang cukup saat sahur. Semoga bermanfaat!

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Nada Gamara Lembangan

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: