RT - readtimes.id

Jokowi Dukung Transformasi PSSI yang Dinakhodai Erick Thohir

Doc. Istimewa

Readtimes.id — Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapat dukungan dari pemerintah untuk mentransformasi persepakbolaan Indonesia yang dipimpin oleh Erick Thohir sebagai ketua umum.

Erick bersama pengurus PSSI lainnya yaitu Zainuddin Amali dan Ratu Tisha selaku Wakil Ketua Umum serta anggota Komite Eksekutif telah bertemu langsung bersama Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan pada Senin (20/2/2023).

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi siap mendukung transformasi sepak bola tanah air.

“Bapak Presiden secara pribadi sangat peduli kepada sepak bola nasional dan tentu secara posisi beliau di pemerintahan beliau tadi memberikan masukan-masukan kepada kami bahwa bagaimana pemerintah siap mendukung transformasi sepak bola Indonesia,” jelas Erick dalam keterangan pers setelah pertemuan.

Salah satu dukungan pemerintah terhadap PSSI yaitu pembangunan pusat pelatihan atau training camp dan lapangan pertandingan untuk kejuaraan nasional. Tak hanya itu, pemerintah juga telah menyiapkan lahan yang akan dijadikan sebagai pusat pelatihan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Alhamdulillah kami nanti 1-2 hari ini akan diajak oleh Bapak Presiden ke IKN untuk melihat potensi training center yang akan disiapkan,” kata Erick.

Dukungan lain dari pemerintah juga terkait perizinan, menurut Erick agar izin dapat dikeluarkan tiga bulan sebelum kompetisi dimulai.

Ketua Umum PSSI itu juga menekankan bahwa kerja sama antara PSSI dan pemerintah selaras dengan kerja sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), sama-sama penting.

Menyiapkan Blueprint

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga meminta kepada PSSI untuk menyiapkan cetak biru (blueprint) sepak bola Indonesia untuk jangka pendek dan menengah.

“Saya tahu ini bukan tugas yang mudah kalau ingin persepakbolaan kita baik. Karena apa pun olahraga ini adalah olahraga favorit kita, sehingga saya titip terutama blueprint jangka pendek, jangka menengah disiapkan betul,” kata Jokowi menegaskan.

Ketua Umum PSSI merespon baik permintaan Jokowi. Ia menyebutkan salah satu target jangka panjang dalam blueprint sepak bola Indonesia ialah menjadi tuan rumah kejuaraan dunia pada tahun 2024. Menurutnya, ada banyak hal untuk mencapai target tersebut, mulai dari infrastruktur, pembinaan, hingga peningkatan prestasi tim nasional.

PSSI juga akan menggelar sarasehan pada Maret 2023 dan akan membahas target-target berbagai kejuaraan yang menjadi bahan penyusunan blueprint.

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: