RT - readtimes.id

Jokowi Harap Beras dan Sayur Sulsel Bisa Dipasok ke IKN

Readtimes.id– Presiden Joko Widodo berharap beras dan sayur-sayuran di Sulawesi Selatan (Sulsel) dapat dipasok ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Presiden ketika melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan, Jumat 5 Juli 2024.

“Nanti kan ada demand, ada permintaan dari pasar baru yang namanya IKN. Tentu saja kalau ada kelebihan produksi beras di sini bisa dikirim ke IKN,” tutur Jokowi usai meninjau pompa air di Desa Layoa, Kabupaten Bantaeng, seperti yang dikutip dari YouTube Sekretaris Presiden.

Jokowi menilai harga bahan pangan di Sulsel pun tergolong murah dibanding yang ada di Pulau Jawa.

“Ada kelebihan produksi sayur di sini bisa ditarik ke IKN, ada bawang merah yang harganya sangat baik Rp30 ribu bisa ditarik ke IKN,” tambahnya.

Jokowi mengungkapkan produksi pertanian di Sulsel akan menjadi perhatian. Pada kesempatan ini pihaknya juga menyinggung kebutuhan pompa air untuk pertanian, khususnya di Kabupaten Bantaeng.

“Keperluannya 150 (pompa) Pak Bupati tadi menyampaikan kebutuhannya 150, sudah diberikan dari Kementerian Pertanian 80 pompa,” ujarnya .

Presiden optimis kehadiran pompa air akan meningkatkan produktivitas pertanian warga. Pasalnya, lahan di Bantaeng subur, namun karena kekurangan air sehingga hanya bisa sekali panen dalam setahun.

“Kita harapkan nanti bisa masuk ke penanaman ketiga. Artinya, dari satu paling tidak minimal kedua. Kalau bisa, bisa ketiga. Ini akan meningkatkan produktivitas beras kita secara nasional,” pungkasnya.

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: