RT - readtimes.id

Jokowi Janjikan Program Bansos Beras Berlanjut hingga Juni 2024

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memperpanjang bantuan sosial (bansos) berupa beras 10 kilogram. Awalnya, program ini ditarget hanya sampai Maret 2023 lalu, tetapi pemerintah kemudian melanjutkannya hingga Juni 2024 mendatang.

“Kalau pemerintah punya kemampuan, akan dilanjutkan lagi ke bulan berikutnya. Tapi, janji saya ya sampai Juni dulu,” kata Jokowi pada kunjungannya ke Gudang Bulog, Bekasi, Jumat (16/2).

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah telah merencanakan distribusi bansos beras hingga pertengahan tahun 2024. Ada 20,66 juta keluarga penerima manfaat yang dijadwalkan akan menerima alokasi beras seberat 10 kilogram setiap bulannya.

“Nanti Maret, April, Mei, Juni. Siapa yang tidak setuju sampai Juni?” ucapnya tersenyum.

Masyarakat Bekasi yang mendengar pertanyaan itu pun serentak setuju dengan pernyataan Jokowi.

“Setuju!” jawab warga penerima.

Jokowi menyebut program ini merupakan cara pemerintah dalam menanggapi kenaikan harga pangan, untuk memastikan semua warga mendapatkan pangan meski harga bahan-bahan makanan mahal.

Jokowi beranggapan, kebijakan ini hanya di Indonesia, dan Indonesia memiliki anggaran khusus untuk program ini.

“Kalau di negara lain kan enggak ada bantuan pangan beras seperti yang kita miliki. Untung APBN kita mampu memberikannya,” ujarnya.

Sebelumnya, program bansos beras ini dihentikan sementara karena bertepatan dengan masa Pemilu yang dilaksanakan pada Rabu (14/2) lalu.
Hal ini dilakukan untuk menghindari politisasi dari program tersebut.

“Bantuan pangan pemerintah dihentikan sementara karena memang tidak ada politisasi bantuan pangan. Dihentikan sementara untuk menghormati Pemilu dan pemutakhiran data,” ujar Kepala Badan Pangan nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi dalam keterangan resmi, Rabu (7/2). (RE)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: