RT - readtimes.id

Kadin Morut Dilantik, Ketum : Waktunya Isi Meja Makan Kita dari Tanah dan Laut Kita

Readtimes.id– Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Morowali Utara ( Morut),IM Arief Ibrahim dan pengurus Kadin  periode 2021-2026, resmi dilantik di Morowali Utara pada Jumat ( 20/11).

Dihadiri oleh sejumlah pejabat penting diantaranya Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi, Ketua Kadin Donggala, Rahmad M. Arsyad, anggota DPRD Morowali Utara, Kapolres, dan sejumlah pimpinan serta perwakilan perusahaan mitra.

Dalam sambutannya, Arief Ibrahim mengatakan sebagai kabupaten termuda di Sulteng, Morowali Utara kini menjadi primadona karena hadirnya industri pertambangan besar yang membuka lapangan kerja baru dan terciptanya perputaran ekonomi daerah.

Kendati demikian menurut Direktur PT Indonesia Data Kreatif ini, masyarakat Morowali Utara tidak boleh lantas puas dengan keadaan yang demikian. Menurutnya masyarakat harus berupaya agar mampu berdaulat di kampung halaman sendiri.

” Sekarang waktunya kita memastikan bahwa isi meja makan kita dari tanah dan laut kita, ” ucap Arief di sela-sela sambutannya.

Menurutnya ini penting mengingat Morowali Utara mempunyai sejumlah potensi di berbagai sektor diantaranya kelautan, pertanian, perkebunan, peternakan,  juga pariwisata bahari.

Oleh karena itu perlu dioptimalkan pengelolaannya melalui kinerja Kadin Morowali Utara bersama mitra agar sejumlah potensi yang ada tersebut dapat mensejahterakan masyarakat setempat.

” Dalam sektor perikanan misalnya kita bisa optimalkan ini melalui digitalisasi perikanan. Untuk itu kami bersama PT Bina Usaha Jaya Mandiri dan Metranet akan membantu nelayan Morowali untuk menangkap ikan, bukan sekedar mencari ikan, ” tambahnya

Melalui digitalisasi ini, ke depan hasil tangkap nelayan tidak hanya bisa sekedar dijual di pasar melainkan juga diekspor dan dapat masuk dalam industri pengalengan ikan.

Selain itu, menurut Arief untuk menggerakkan perekonomian masyarakat ke depan Kadin Morut juga akan menargetkan pada tercapainya seribu UMKM dan Home Industri. Untuk ini pihaknya akan menggandeng pihak  perbankan agar masyarakat mendapatkan jaminan kredit usaha rakyat ( KUR), juga sejumlah e-commerce untuk memasarkan produk dari masyarakat.

Adapun terkait pariwisata, pihaknya juga akan mendorong lahirnya industri kreatif pariwisata dengan menggandeng pihak perhotelan juga Ikatan Putra Putri Pariwisata Morowali Utara.

” Sebagai generasi milenial saya juga optimis kita bisa pula mendorong lahirnya industri kreatif pariwisata yang banyak di daerah ini, ” ujarnya lebih lanjut.

Patut diketahui pasca dilantik Kadin Morowali Utara, melalui Arief Ibrahim langsung menandatangani kerjasama dengan sejumlah perusahaan mitra diantaranya, PT Wijaya Karya Beton , Keranjang Belanja , PT Bina Usaha Jaya Mandiri, PT Pembangunan Sulteng, Rumah Sulteng Indonesia, dan PT East Indonesia.

Avatar

Ona Mariani

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: