RT - readtimes.id

Kenali Penyebab Wasir dan Pencegahannya

Readtimes.id– Konsumsi sumber serat seperti sayuran dan buah yang tidak sesuai kebutuhan tubuh bisa berujung pada masalah kesehatan, salah satunya hemoroid atau wasir.

Hemoroid atau bahasa awamnya wasir atau ambeien, merupakan keadaan pelebaran pembuluh darah vena. Hal ini bisa terjadi salah satunya karena gaya hidup, jarang mengkonsumsi sayuran, sehingga buang air besar keras.

Selain itu, konsumsi makanan pedas seperti cabai tak terkendali juga bisa menjadi faktor risiko seseorang terkena wasir. Panas cabai membuat pergerakan usus lebih cepat sehingga tekanan meningkat, membuat pelebaran pembuluh darah vena.

Wasir muncul dengan tanda awal antara lain feses yang berdarah atau berwarna merah terang, gatal atau iritasi, nyeri pada anus, serta pembengkakan di sekitar anus.

Dilansir dari Antara, dokter bedah RSU Bunda Jakarta Iga Nari Laksmi Dewi membenarkan, pola hidup yang kurang sehat dapat menyebabkan terjadi  wasir. Kurang makanan berserat, kurang minum salah satu pemicunya.

“Secara anatomi wasir bukan penyakit, tetapi perubahan fisiologis pada bantalan pembuluh darah di dubur, yaitu pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya,” ujarnya.

Karena kurang asupan cairan dan serat, dapat mengakibatkan sembelit. Saat sulit buang air besar, ketika kita akan mengejan dapat menyebabkan ambeien karena tekanan yang ada bisa mengakibatkan vena pecah.

Selain itu, sering mengangkat beban berat, terlalu lama duduk atau berdiri juga dapat memicu timbulnya perubahan tersebut. Juga tidak dapat dipungkiri masa kehamilan juga dapat menjadi penyebab wasir karena peningkatan hormon progesteron yang dapat memicu sembelit dan tekanan pada panggul akibat rahim yang membesar.

Sangat mudah untuk mencegah wasir, cukup konsumsi serat harian terpenuhi, mengurangi durasi berjongkok atau duduk saat buang air besar, mengendalikan asupan makanan pedas dan mengusahakan memiliki berat badan normal. Tentunya hal mudah jika tidak diperhatikan dengan baik jelas akan terasa sulit untuk dilakukan.

Meskipun wasir sering kali muncul dalam derajat ringan sehingga tak memerlukan penanganan serius misalnya operasi. Walau ringan namun tak diobati, penderita tentu merasa tak nyaman. Sangat penting untuk kita memperhatikan pola hidup sehat, rajin makan berserat juga kebutuhan cairan tidak kala penting untuk diperhatikan demi mencegah wasir datang.

Avatar

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: