RT - readtimes.id

Kenalkan Budaya Makassar di Rakernas Apeksi XVI Melalui Ladies Programme

Readtimes.id– Ladies Programme menjadi salah satu agenda dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI di Kota Makassar. Program ini berlangsung pada 13 Juli 2023 di Benteng Fort Rotterdam, Kota Makassar.

Ladies Programme merupakan ajang silaturahmi para istri wali kota untuk mengenalkan program dan budaya daerah kota Makassar yang dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah Mappasiori Waju yang dikaitkan dengan program Jagai Anak’ta.

Menurut Achi Soleman selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar, Mappasiori Waju merupakan tradisi yang ada di Bugis Makassar berupa doa dan harapan yang selalu diberikan orang tua kepada anaknya untuk masa depan.

“Ingin memperkenalkan ada beberapa program yang ada di Kota Makassar, salah satu program yaitu Jagai Anak’ta. Ketika dikaitkan dengan kegiatan tadi, ada ritual Mappasiori Waju, yang bermakna doa dan harapan selalu diberikan orang tua kepada anaknya untuk masa depan,” ujar Achi Soleman saat diwawancarai pada 13 Juli 2023.

Achi Soleman juga menyampaikan bahwa pada Ladies Programme terdapat program Kota Makan Enak. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan bahwa di Kota Makassar terdapat banyak macam kuliner yang terbuka selama 24 jam.

Pada kegiatan ini terdapat tujuh istri wali kota yang hadir, ada juga kepala dinas pemberdayan perempuan, kepala dinas ketahanan pangan, kepala dinas koperasi, yang hadir untuk mengetahui bagaimana cara Kota Makassar meningkatkan perekonomian warga. (HN0

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: