RT - readtimes.id

Kuliah Tamu Fakultas Keperawatan Unhas Hadirkan Pembicara dari Universitas Nottingham

Readtimes.id– Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik “Global Perspective on Maternity Care” yang mengundang dosen tamu Dr. Louise Walker (Associate Professor Midwifery Faculty of Medicine & Health Sciences University of Nottingham).

Kegiatan berlangsung pukul 09.00 Wita secara luring terbatas di Aula Prof. Fachruddin, Sekolah Pascasarjana, Kampus Unhas Tamalanrea, kamis (09/06).

Kegiatan resmi dibuka Wakil Dekan bidang Akademik, Riset dan Inovasi, Syahrul Said, S.Kep Ns., M.Kes PhD. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada narasumber yang telah bersedia hadir secara langsung untuk memberikan ilmu dan berbagi pengalamannya dalam bidang Praktik Klinis Kebidanan.

“Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mendapatkan wawasan baru dan informasi edukasi dalam melihat perkembangan dunia kesehatan di luar negeri,” kata Syahrul.

Dalam pemaparannya, Dr. Louise Walker menjelaskan regulasi profesionalitas standar pendidikan, pelatihan serta perilaku dan kinerja profesi kebidanan.

Dr. Louise menuturkan bahwa secara global, pendidikan kebidanan yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan, serta memberikan asuhan perawatan pasca persalinan.

“Standar pendidikan kebidanan memiliki hubungan secara langsung dengan kualitas asuhan kebidanan. Bidan yang dididik sesuai dengan standar kompetensi dapat meningkatkan pelayanan asuhan kesehatan secara keseluruhan untuk menyelamatkan nyawa ibu dan bayi dalam proses kelahiran,” jelas Dr. Louise.

Lebih lanjut, Dr. Louise menjelaskan bahwa profesionalisme kebidanan diperkuat dalam praktik klinis, pendidikan dan penelitian dalam meningkatkan sistem kesehatan kolaboratif, untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi.

Setelah pemaparan materi, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta yang berasal dari dosen dan mahasiswa FKep Unhas. Kegiatan berlangsung lancar dengan dipandu oleh Framita Rahman, SKep Ns MSc (Dosen FKep Unhas) sebagai moderator.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: