RT - readtimes.id

“Law School”: Melihat Dunia Kehakiman dari Berbagai Sisi

Readtimes.id– Orang yang paham hukum lebih berbahaya dan lebih rentan menyalahi hukum itu sendiri dibandingkan dengan orang yang buta hukum. Melalui drama korea “Law School”, sutradara Kim Seok Yoon mencoba memberikan gambaran tersebut.

Pada drama yang rilis di 2021 ini, sang sutradara memperlihatkan bagaimana hukum di sebuah negara dapat dipermainkan sedemikian rupa oleh oknum-oknum yang memiliki kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

Yang Jong Hoon (Kim Myung Min) seorang profesor yang terkenal dengan metode pengajarannya yang unik dan tegas, selalu menjadikan setiap adegannya sebagai ruang kelas untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswanya.

Suatu hari, seorang profesor fakultas hukum, Seo Byung Ju (Ahn Nae Sang) ditemukan tewas. Yang Jong Hoon kemudian dituding menjadi pembunuh dan ditangkap pada saat kelas praktik persidangannya. Mahasiswa yang kebetulan menjadi saksi kasus ini pun ikut terseret dan membuat terduga pelaku semakin banyak.

Perlahan namun pasti, peristiwa ini kemudian membuka tabir kematian sosok Seo Byung Ju dan melihat bagaimana sekolah hukum ini menciptakan calon-calon penegak hukum di negaranya.

Serial ini tidak melulu memperlihatkan penyelesaian sebuah konflik. ‘Law School’ menggiring penontonnya untuk hanyut dalam perjalanan emosional karakter-karakternya, terutama saat mereka dihadapkan pada situasi-situasi sulit dan dilema moral. Pertemanan, keberanian, dan tekad untuk mencari kebenaran menjadi tema utama yang menggerakkan cerita ini.

Drama ini mencoba memberikan pandangan lain mengenai hukum, kasus kejahatan, korban, dan tersangka. Pasalnya, dalam drama ini kita diberikan berbagai macam sudut pandang mengenai sebuah kasus dan hukum yang menjerat dan sering kita jumpai sehari-hari

Melalui drama ini kita juga akhirnya disadarkan pada kenyataan bahwa pekerjaan seorang jaksa dan pengacara memiliki banyak resiko. Seorang jaksa bisa saja memberikan hukuman pada orang yang tidak bersalah. Sebaliknya, ia bisa memberikan penegasan bahwa pengacara tersangka kejahatan bukanlah orang yang membela aksi kejahatan.

Serial ini mengajak penontonnya untuk bersama-sama mempertimbangkan pentingnya integritas, kejujuran, dan kesetiaan dalam menjalani kehidupan. Tak berhenti sampai di situ, ‘Law School’ juga memberikan pesan yang mendalam tentang pentingnya belajar, tidak hanya secara akademis, tetapi juga tentang kehidupan dan nilai-nilai moral yang dijalani setiap harinya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: