RT - readtimes.id

Lawatan ke Turki, Unhas Kenalkan Komik La Galigo Berbasis AI di Universitas Bursa Uludag

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Empat mahasiswa Universitas Hasanuddin melakukan kunjungan ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Universitas Bursa Uludag, Turki. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menghadiri International Strategic Partnership Programme, Jumat (5/5).

Mahasiswa utusan tersebut adalah, Samintang (Akuntansi 2019), Firdaus (Manajemen 2018), Nurul Habaib Al Mukarramah (Ilmu Hukum 2019), dan Olivia L (Agrobisnis Perikanan 2019). Mereka dipilih karena track record gemilang yang ditandai dengan beragam pengalaman international exposure.

Nurul Habaib mengatakan, International Strategic Partnership Programme merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan memperluas peluang kerja sama Unhas dengan berbagai stakeholders di luar negeri, khususnya di Turki.

“Program lintas negara ini diharapkan mampu menjadi jembatan antara Unhas dan Universitas Bursa Uludag dalam mewujudkan tri dharma dan membuka lebih luas peluang kerja sama pada aspek pertukaran mahasiswa, riset dan publikasi, khususnya pada bidang sastra dan budaya, serta kolaborasi produktif lainnya,” ucapnya.

Pada studi banding ke Universitas Bursa Uludag, kontingen Unhas berkesempatan mempresentasikan karya terbaik mereka di hadapan hoca (sebutan untuk dosen Turki), yaitu Komik La Galigo berjudul “Pelayaran ke Dusung.”

Menarik dari komik ini karena dilengkapi dengan aplikasi Augmented Reality (AR) Gammara yang dapat menampilkan bentuk tiga dimensi dari setiap karakter, pelafalan aksara lontara, dan e-comic.

Doç.Dr. ŞÜKRÜ BAŞTÜRK, Assistant Director Uygulama ve Araştırma Merkezi (Lembaga bahasa Turki) menyambut hangat dan mengapresiasi kedatangan mahasiswa Unhas. Ia berharap inovasi seperti komik La Galigo bisa diterapkan pada pembelajaran Bahasa Turki.

Sebelumnya, mahasiswa Unhas juga mengikuti kompetisi tahunan dan yaitu TEKNOFEST The 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) 2023 yang berlangsung di Istanbul Ataturk Airport, Turki pada 27 April hingga 1 Mei 2023.

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: