RT - readtimes.id

Lebaran Usai, Yuk Seimbangkan Lagi Keuangan

Readtimes.id – Momen Hari Raya Idul Fitri yang di selalu dinantikan tiap tahunnya, tidak terasa sudah kita lalui bersama.

Momen ini sering dikatakan banyak mengeluarkan biaya, mulai dari membeli baju lebaran, membuat kue, memasak masakan lebaran, bagi-bagi tunjangan hari raya (THR), serta masih banyak keperluan lainnya.

Tanpa kita sadari, ternyata uang yang kita keluarkan begitu besar dari apa yang seharusnya kita siapkan sebelumnya. Nah, sebelum keuanganmu makin menipis nantinya. Readtimes.id mengumpulkan beberapa tips agar keuanganmu aman pasca lebaran:

1. Periksa kembali catatan keuangan

Ketika lebaran tiba, terkadang ada saja biaya yang tak terduga terjadi. Itulah perlu adanya sebuah catatan keuangan sebelum lebaran tiba, agar nantinya kamu bisa cek jumlah dana apa saja yang telah membengkak dan telah terpakai, kemudian dapat segera kamu atasi nantinya.

2. Batasi pengeluaran harian

Jangan mentang-mentang kamu lagi dapat banyak THR di hari lebaran, terus kamu malah boros pada saat itu juga.Sebaiknya kamu membatasi pengeluaranmu agar pasca lebaran nantinya, kamu tidak terlalu memikirkan mengenai keuangan.

3. Mulai menabung

Walau lebaran ini biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengumpulkan pundi THR, namun hal itu bisa saja habis dalam sekejap jika kamu tidak menggunakannya dengan baik.Maka dari itu, tabunglah THR yang kamu dapatkan agar nantinya kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhanmu yang lain

4. Melakukan investasi

Jika kamu mendapatkan THR lebih pada hari lebaran, daripada kamu menggunakannya untuk hal yang tidak penting. Ada baiknya, jika kamu gunakan untuk investasi saja. Agar, keuanganmu dapat tersusun dengan baik.

5. Mendahulukan prioritas kebutuhan utama

Setelah lebaran kamu fokuskan dirimu untuk memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu seperti memenuhi asupan sandang dan pangan, kemudian setelah semua tercukupi kamu sudah bisa membeli keperluan lain, tapi dalam batas yang wajar. Jangan sampai kamu terlalu boros nantinya.

Itu dia beberapa tips yang kami sediakan untuk kamu, semoga keuangan kamu tetap selalu aman yah.

Avatar

Nada Gamara Lembangan

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: