RT - readtimes.id

Mahasiswa Unhas Raih Prestasi Internasional di Festival dan Pameran Teknologi ISIF Turki

Doc. Istimewa

Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menorehkan prestasi internasional. Mereka adalah Abdul Salam, Muhammad Haekal Sutrisna, Nurul Fathanah dari Fakultas Teknik dan Astri Anggriani dari Fakultas Pertanian.

Keempat mahasiswa yang bernama tim Navigatour ini menjadi delegasi Unhas pada ajang The 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) yang diselenggarakan pada 27 April – 1 Mei 2023 di International Istanbul Atatürk Airport, Turki. ISIF merupakan bagian dari kegiatan Technofest Tukiye, yaitu Festival dan Pameran Teknologi terbesar Eropa yang dihadiri langsung oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Kompetisi dan pameran ini diikuti lebih dari 30 negara seperti Rusia, Qatar, China, Kroasia, Kanada, Azerbaijan, Irak, Iran, Jerman, Belgia, Libanon, Portugal, Romania dll. Mereka yang berpartisipasi datang dari berbagai latar belakang, seperti peneliti, konsultan, asosiasi dan universitas dari seluruh dunia.

Adapun inovasi yang mereka perlombakan adalah platform Navigatour, yaitu platform yang dapat digunakan untuk revitalisasi eksistensi cagar budaya lokal maupun global dan dapat diimplementasikan secara universal.

Navigatour hadir sebagai platform edukatif berbasis game interaktif yang dilengkapi dua mode (casual and adventure) serta terintegrasi dengan layanan informasi perjalanan bagi pengunjung tempat wisata. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi ini, kunjungan ke berbagai objek wisata non benda baik dalam maupun luar negeri menjadi lebih menarik dan edukatif, modern dan menyenangkan serta menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke destinasi tersebut.

Salah satu tim Navigatour, Nurul Fathanah, menceritakan proses persiapan selama mengikuti ajang ini. Sebelum ke Turki, tim Navigatour harus melalui tahap seleksi kurasi tingkat nasional.

“Persiapannya sejak November 2022. Kami melalui tahap ideasi, user experience, submisi abstrak, pengembangan aplikasi hingga pada pendaftaran paten inovasi,” kata Nurul Fathanah, Senin (1/5/2023).

Sementara itu, Abdul Salam selaku Founder dan CEO Navigatour menyampaikan bahwa selain berkompetisi, kegiatan ini juga memberikan banyak pelajaran dan pengalaman baru baginya dan tim. Seperti pengembangan skill critical thinking, problem solver, leadership dan digital entrepreneur.

Sebuah perjuangan yang berbuah manis, pada Awarding Day ISIF 2023, tim Navigatour berhasil memperoleh penghargaan setara perunggu dari Presiden Turki Patent and Trademark Office. Tak hanya itu, mereka juga memperoleh dukungan scale up pengembangan project dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

“Rasa syukur dan terima kasih kami haturkan kepada dosen pembimbing, khususnya, Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T dan dukungan penuh dari pimpinan dan civitas akademika Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian serta Rektor Universitas Hasanuddin yang telah berkenan membantu selama persiapan hingga pelaksanaan ISIF 2023,” ungkap Abdul Salam.

Setelah kegiatan ini, Abdul Salam dan kawan-kawan berharap inovasi Navigatour terus dikembangkan sehingga layak hilirisasi. Sebelumnya, tim Navigatour juga sudah mendapat dukungan tertulis project triple helix dengan General Manager Maros Pangkep Geopark sebagai mitra awal Navigatour. Lokasi wisata ini dipilih karena relevansi inovasi dengan eksistensi Geopark Maros Pangkep menuju Global Geopark UNESCO.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: