RT - readtimes.id

Mahasiswa UNM akan Gelar Expo Edupreneurship untuk Dukung UMKM

Readtimes.id– Mahasiswa Prodi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar Expo Season 2 dengan tema “UMKM Berdaya Indonesia Jaya” yang diselenggarakan di Lapangan Syech Yusuf Discovery Sungguminasa, Gowa pada 20-22 Juni 2023.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Prodi Kewirausahaan FEB UNM yang rutin diselenggarakan tiap tahun. Tujuannya sebagai wadah pendampingan dan pengembangan produk melalui berbagai kegiatan.

Kali ini, Expo Edupreneurship mengundang narasumber kompeten untuk berbagi dan mendampingi para pelaku UMKM. Diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pertanian periode 2014-2019 Andi Amran Sulaiman, Komisaris Bank Syariah Indonesia Muh. Arief Rosyid Hasan, Anggota DPR RI Kamrussamad dan sejumlah pembicara lainnya.

Kegiatan ini terbuka untuk umum sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat hadir memperoleh manfaat dan menikmati kegiatan tersebut. Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Expo ini adalah:

Talkshow kewirausahaan

Kegiatan ini berupa bincang-bincang santai dengan pemantik yang mumpuni dan mempunyai pengalaman dalam dunia bisnis. Tujuan kegiatan ini adalah membangun ide-ide bisnis yang kreatif, tips dan trik dalam melakukan wirausaha, hal-hal apa saja yang penting dalam berwirausaha, kiat-kiat dalam merintis usaha, serta ilmu-ilmu penting seputar ekonomi lokal dan global.

Pelatihan digital marketing

Kegiatan ini berfokus mengajarkan dan melatih pelaku usaha melakukan pemasaran dengan cara memanfaatkan digital atau perangkat elektronik berbasis internet seperti sosial media dan website yang bermanfaat untuk menjangkau pasar secara luas dan membantu komunikasi antar pelaku usaha dan calon konsumen.

Klinik kewirausahaan

Yaitu tempat untuk melakukan konsultasi atau bimbingan tentang usaha yang dilakukan dengan dibimbing langsung oleh ahlinya. Disini pelaku usaha dapat berkonsultasi langsung tentang bisnisnya dan akan diberikan saran, motivasi, serta bimbingan dari para ahli. Diantaranya pendampingan pembuatan NIB, PIRT, SERTIFIKASI HALAL dan Desain Kemasan produk.

Seminar Nasional Kewirausahaan

Pada kegiatan ini, akan isi oleh narasumber yang akan memberikan motivasi dan inspirasi saat akan merintis usaha dan saat menjalankan usaha. Narasumber akan membagikan pengalamannya dalam berwirausaha, membagikan ilmu serta kunci kesuksesannya.

Lomba bakat

Kegiatan ini menjadi agenda hiburan guna menyemarakkan perhelatan Expo dengan menampilkan pertunjukan kreativitas peserta. Pada pelaksanaanya, terdapat juri-juri yang berpengalaman untuk menilai dan memberikan masukan kepada peserta lomba. Lomba-lomba yang akan ditampilkan adalah lomba karaoke, lomba menari, serta lomba stand up comedy. Ini akan menjadi wadah bagi peserta untuk menyalurkan kemampuannya serta dapat menunjukkan dan mengembangkan potensi dirinya didepan khalayak umum.

Pameran BUMDes

Pameran ini akan menampilkan produk yang diproduksi oleh BUMDes, serta menjadi wadah silaturahmi antar BUMDes dan masyarakat.

Tenant UMKM

Kegiatan ini sebagai wadah pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen secara langsung sekaligus mempromosikannya. Dalam hal ini, pelaku UMKM dapat membangun relasi dengan konsumen sehingga skala pasar meluas dan dapat membangun kesepakatan kerja sama.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: