RT - readtimes.id

Makan Bersama AHY dan Prabowo, Pengamat: Jokowi Ingin Tunjukkan Dia Siap Memenangkan Calonnya

Readtimes.id– Usai ramai pernyataan Presiden boleh kampanye, Jokowi kini kembali menjadi sorotan setelah terlihat makan bersama dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Prabowo Subianto di dua lokasi berbeda.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin, Andi Ali Armunanto mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi tengah menunjukkan koalisi yang ia bentuk bersama Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, PBB, Gelora, Garuda, PSI adalah koalisi yang solid.

“Jokowi juga menunjukkan siap pula untuk memenangkan calonnya,” ujar Ali saat dihubungi Readtimes, Senin 29 Januari 2024.

Kata Ali, Jokowi juga sedang menunjukkan punya politikal loyal dan sedang menunjukkan posisinya bahwa inilah orang-orang yang akan dia dukung.

Kendati demikian, menurut Ali hal itu tidak serta merta membenarkan apa yang disebutkan oleh Jokowi bahwa seorang Presiden boleh kampanye.

Menurutnya, Jokowi keliru menyebutkan bahwa Presiden boleh kampanye dengan menggunakan dasar Undang-Undang Pemilu. Adapun yang diperbolehkan kampanye adalah Jokowi sebagai individu bukan sebagai Presiden.

“Saya sangat menyayangkan pernyataan Jokowi yang mengundang polemik karena yang ia sebut presiden boleh kampanye. Bukan Jokowi atau individunya yang boleh kampanye,” tambah Ali.

Menurutnya jika berniat kampanye maka Jokowi harusnya mengambil cuti untuk menghindari adanya perdebatan publik. Dan tidak mengeluarkan pernyataan yang mendukung pihak-pihak tertentu selama dia masih menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: