RT - readtimes.id

Masa Tenang Mulai Besok, Bagaimana Persiapan Penyelenggara?

Readtimes.id — Tahapan Pemilu 2024 memasuki masa tenang mulai besok, Minggu 11 Februari hingga Selasa 13 Februari 2024.

Waktu tiga hari menuju pencoblosan menjadi waktu paling krusial bagi calon anggota legislatif, pengurus partai, dan tim sukses calon presiden dan calon wakil presiden.

Pada masa tenang, potensi kecurangan pun dapat saja terjadi dalam bentuk sosialisasi, silaturahmi hingga pertunjukan seperti yang diungkap Komisioner Bawaslu Makassar, Risal Suaib.

“Sesuai edaran Bawaslu RI potensi yang ada adalah kemungkinan kampanye disalahgunakan dalam bentuk sosialisasi, silaturahmi, pentas seni dan pertunjukan, dll,” ujarnya secara tertulis pada Readtimes, Sabtu 10 Februari 2024.

Kata Risal, untuk mengantisipasi ini pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan lintas stakeholder serta memberikan himbauan pada peserta pemilu.

Selain itu, bersama Panwascam dan PKD juga akan melakukan patroli untuk menjaga suasana kondusif selama masa tenang.

“Bentuk pengawasan pertama adalah himbauan untuk tidak melakukan kampanye berkedok sosialisasi dan silaturahmi. Kedua, melakukan pengawasan melekat dengan melakukan patroli pengawasan,” tambah Risal.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Makassar Muh Abdi Goncing menerangkan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi persiapan hari tenang bersama sejumlah pihak seperti Bawaslu, Pemerintah Kota, Kepolisian, dan Dandim Kota Makassar.

Melalui pertemuan itu, KPU menghimbau kepada seluruh pihak, khususnya para peserta pemilu untuk menjaga situasi tetap kondusif, utamanya saat memasuki masa tenang.

“Kami juga membahas mekanisme penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) ketika masa kampanye telah berakhir atau ketika masa tenang sudah dimulai,” pungkas Komisioner KPU Kota Makassar Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM tersebut kepada Readtimes, Sabtu 10 Februari 2024.

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

361 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: