RT - readtimes.id

Melihat Desa Lampo, Kampung Iklim di Donggala

Doc. Yayasan Merah Putih

Readtimes.id– Desa Lampo di Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, dijadikan sebagai lokasi percontohan pelaksanaan Program Kampung Iklim oleh pemerintah Donggala sejak Januari 2022.

Dijadikan sebagai lokasi percontohan pelaksanaan Program Kampung Iklim berbasis perhutanan sosial karena daerah ini sudah memiliki izin mengelola hutan desa.

Untuk diketahui setelah pemerintah mengeluarkan izin hak pengelolaan hutan desa pada Maret 2017, masyarakat Desa Lampo mulai melakukan upaya-upaya adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim.

Adapun Program Kampung Iklim komponen utamanya adalah adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim.

Upaya adaptasi meliputi pengendalian kekeringan, banjir, dan longsor; peningkatan ketahanan pangan; penanganan atau antisipasi kenaikan muka laut, rob, intrusi air laut, abrasi, ablasi atau erosi akibat angin, dan gelombang tinggi; serta pengendalian penyakit terkait iklim.

Sedangkan upaya mitigasi mencakup pengelolaan sampah dan limbah, penggunaan energi baru dan terbarukan, budi daya pertanian rendah emisi gas rumah kaca, peningkatan tutupan vegetasi, serta pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Untuk menyukseskan program ini pemerintah Donggala menggandeng sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan tokoh-tokoh desa.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: