RT - readtimes.id

Mendaur Ulang Sampah Kertas di Rumah

Readtimes.id– Sebagai mahasiswa, pelajar maupun pekerja tak bisa dipungkiri akan menjumpai benda bernama kertas. Tugas dari guru dan dosen serta data kerjaan nyatanya menghasilkan tumpukan kertas. Dari tumpukan tersebut terdapat lembaran yang hanya akan berakhir di tempat sampah.

Lagi-lagi kita berjumpa dengan benda satu ini dan kini tentang sampah kertas. Walau secara langsung tidak terlihat, sampah kertas ternyata sangat mempengaruhi lingkungan, terutama kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman.

Sampah kertas yang tertimbun di dalam tanah tanpa proses pengolahan mengakibatkan terhambatnya proses penyerapan air pada tanaman, sehingga tanaman kemungkinan besar akan mudah layu dan mati.

Untuk itu, dalam langkah pengelolaan sampah dari rumah. Kamu bisa mendaur ulang sampah kertas buanganmu menjadi kertas daur ulang. Berikut caranya:

  1. Membuat Adonan Bubur Kertas

Gunting kertas hingga kecil dan rendam di dalam ember selama kurang lebih 24 jam. Angkat kertas yang sudah direndam, kemudian masukkan bersama air ke dalam blender dengan perbandingan 1 : 3. Blender campuran tersebut hingga berubah menjadi bubur kertas atau pulp.

Isi ember dengan air hingga seperempat penuh dan campurkan pulp ke dalamnya. Kemudian teteskan zat pewarna secukupnya, kamu bebas memilih warna apapun yang diinginkan.

Di mangkok kecil, larutkan 1-2 sendok makan lem kayu ke dalam air secukupnya. Setelah lem larut dengan sempurna, tuang larutan ke dalam wadah berisi bubur kertas dan aduk.

  1. Mencetak Pulp Menjadi Kertas Daur Ulang

Pulp dan lem tercampur sempurna, saatnya untuk mencetak larutan menjadi kertas daur ulang.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Basahi permukaan papan dan letakkan kain diatasnya. Kemudian masukkan pulp ke dalam screen sablon, saring hingga air agak hilang lalu ratakan.

Letakkan screen sablon terbalik di atas papan lalu gosok bagian kasanya dengan perlahan. Pulp akan terlepas dan jatuh ke atas papan, pastikan bentuknya tidak retak

Setelah pulp rata di atas papan, tutup dengan kain. Jika kamu ingin membuat beberapa lapis sekaligus, ulangi langkah di atas sebelum masuk ke langkah berikutnya.

Tutup dengan papan triplek kedua dan tekan bagian atasnya dengan pemberat, misalnya saja batu. Biarkan selama kurang lebih satu jam, kemudian angkat papan penutup dan jemur papan berisi pulp

Ingat, jangan membuka kain dahulu sebelum kamu menjemurnya. Setelah yakin kain dan pulp kering buka dengan hati-hati, kamu bisa menyetrikanya dulu agar hasil kertas lebih rapi. (99.co)

Nah kertas daur ulangmu suda siap. Selamat mencoba.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: