RT - readtimes.id

Menkes Ungkap Peluang Vaksin Covid-19 Berbayar

Doc. Freepik

Readtimes.id– Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menduga tahun ini akan terjadi transisi dari masa pandemi Covid-19 menjadi endemi. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengungkap ada peluang vaksinasi Covid-19 nantinya akan berbayar.

Meski ada peluang vaksin berbayar, masyarakat yang tercatat dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) masih dapat memperoleh vaksinasi gratis.

“Mungkin nanti vaksinasi gratis kami paketkan dalam PBI dan itu hanya vaksin dalam negeri,” sebut Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa, 24 Januari 2023.

Dalam paparan tentang strategi vaksinasi Covid-19 tahun ini, Menkes menjelaskan bahwa masyarakat non-PBI bisa membeli vaksin tersebut melalui apotek dan rumah sakit secara umum.

Jika terwujud, vaksinasi ini nantinya akan seperti vaksin meningitis atau influenza yang banyak tersedia di fasilitas kesehatan. Menurut Menkes, mekanisme ini akan membuat negara bakal terfokus pada masyarakat kurang mampu.

“Beban negara akan terkonsentrasi ke masyarakat-masyarakat yang miskin saja dan itu akan di-cover dengan mekanisme normal melalui PBI. Begitu rencana kami ke depan,” tambahnya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: