RT - readtimes.id

Menuju Laga Puncak Liga Champions

Readtimes.id– Tinggal beberapa jam lagi menuju laga puncak gelaran Liga Champions musim ini. Liverpool akan berhadapan dengan Real Madrid di Stade France, Prancis. Kami akan mengulas perjalanan kedua tim ke pertandingan pamungkas dari kejuaraan antarklub di Benua Biru ini.

Sebelumnya, kedua tim sudah bertemu pada final liga Champions musim 2017-2018 yang berhasil dimenangkan oleh Real Madrid. Pada laga tersebut, tim ibu kota Spanyol sukses taklukkan tim kota pelabuhan dengan skor 3-1. Empat tahun berselang, keduanya kembali bertemu di babak puncak.

Liverpool sendiri datang ke Stade France dengan skuad yang kurang lebih sama saat bersua Madrid. Namun, skuad Juergen Klopp kali ini datang dengan materi yang lebih dalam dan lebih eksplosif. Ada pemain seperti Diogo Jota, Luis Diaz, dan Thiago Alcantara.

Baca juga: Kilatan Medali Atlet Sulsel dari Hanoi

Sebelum mencapai babak final, juara UCL 6 kali ini berhasil menjuarai grup B dengan poin sempurna atas Atletico Madrid, FC Porto, serta AC Milan. Di babak gugur, Liverpool singkirkan perwakilan Italia, Inter Milan dengan agregat 2-1. Sedangkan pada 8 besar, armada Klopp kandaskan Benfica, 6-4. Terakhir, mereka mampu bungkam perwakilan liga Spanyol, Villareal dengan hasil akhir, 5-2.

Di sisi El Real (julukan Real Madrid), pemain penting yang tidak bersama mereka lagi adalah Cristiano Ronaldo, Achraf Hakimi, Keylor Navas, dan Sergio Ramos. Carlo Ancelotti kali ini mengemban misi untuk memadukan pemain muda Real Madrid dengan para pemain seniornya.

Adapun pasukan Carlo Ancelotti memulai kampanye mereka di Liga Champions dengan buruk, mereka tumbang dari tim debutan, Sheriff Tiraspol pada laga pembuka. Namun setelahnya, jawara 13 kali berhasil membungkus 3 poin kemenangan untuk jadi juara grup D.

Setelah dari babak grup, segera El Real hadapi lawan kuat, Paris Saint Germain (PSG). Sempat kalah pada leg 1, mereka berhasil bangkit untuk menang agregat, 3-1. Selanjutnya, Karim Benzema dan kawan-kawan lagi-lagi berhasil balikkan keadaan saat tertinggal 0-3 dari Chelsea pada leg 2 babak 8 besar. Namun, aksi ciamik Benzema berhasil amankan tiket semifinal bagi mereka.

Baca juga: Benua Biru Membara

Pada babak 4 besar, Madrid memperlihatkan mental pemenangnya dengan kembali bangkit. Sempat kalah dari Manchester City 3-4 di leg pertama, mereka sukses bangkit untuk lolos ke final lewat agregat 6-5.

Jika melihat materi pemain kedua tim, Liverpool sedikit diunggulkan meski gagal menjuarai Liga Inggris. Di lain sisi, Real Madrid selalu siap untuk membalikkan keadaan meski dari kondisi tertinggal.

Pertandingan subuh nanti tentu akan jadi laga yang sangat menarik jika melihat prestasi kedua tim di ajang Liga Champions. El Real tentu ingin mengukuhkan posisinya sebagai raja Eropa dengan gelar ke-14 dan mengawinkan trofi liga Spanyol yang mereka peroleh. Dari kubu seberang, Liverpool mencari piala ketiga mereka untuk musim ini setelah gagal memenangkan Liga Inggris.

Jika melihat rekor pertemuan kedua tim di Liga Champions, Real Madrid lebih unggul dengan 3 kemenangan berbanding 2 milik Liverpool. Namun, hal tersebut tidak menjamin bahwa laga dini hari nanti akan serta merta jadi milik Madrid. Pasalnya, jika melihat perjalanan kedua tim di liga Champions musim ini, Liverpool mengoleksi 10 kemenangan dari 12 pertandingan, sedangkan dengan jumlah laga yang sama, Real Madrid hanya bisa menang 8 kali. Terlepas dari catatan statistik tersebut, kepastian mengenai siapa penguasa Eropa musim ini hanya bisa dipastikan lewat laga 90 menit di atas lapangan.

Jadi siapa jagoan anda ?

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: