RT - readtimes.id

Menyoal Kurangnya Surat Suara Pilpres di Lapas Makassar, Begini Penjelasan Ketua Lapas

Readtimes.id– Kekurangan surat suara Pilpres terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini tepatnya TPS di 905.

Ketua KPPS TPS 905, Ilham saat ditemui Readtimes mengaku di TPS tersebut kekurangan 95 surat suara Presiden.

“Kami kekurangan 95 surat suara untuk Pilpres. Jadi teman-teman WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) tidak bisa memilih,” ujarnya pada Readtimes, Rabu 14 Februari 2024.

Sebelumnya Komisioner KPU Kota Makassar, Muhammad Abdi Goncing Goncing mengatakan telah telah berkoordinasi dengan timnya untuk memenuhi kekurangan surat suara tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan tim dan semuanya sudah terpenuhi di lapangan. Kami ambilkan dari kelurahan terdekat,” ujarnya saat dihubungi Readtimes pada Rabu, 14 Februari 2024.

Readtimes berusaha kembali menghubungi Ketua KPPS 905, Ilham pada Kamis 15 Februari 2024 untuk mengkonfirmasi, namun hingga berita ini diturunkan pihaknya belum lagi merespons.

Readtimes kemudian mencoba melakukan konfirmasi di Kepala Lapas Kelas 1 Makassar, Teguh Pamuji. Ia mengatakan bahwa memang ada surat suara masuk lagi namun saat itu sudah masuk tahap penghitungan.

“Ada sempat mau ditambah tapi waktunya sudah habis. Dia (KPU) sempat tawarkan tapi waktunya sudah habis, nggak berguna juga,” ujar Teguh saat dihubungi oleh readtimes pada, 15 Februari 2024.

Pihaknya mengaku menunggu sampai lewat dari pukul 14.00 Wita dan akhirnya memutuskan untuk melakukan penghitungan suara.

Teguh juga menjelaskan, penambahan kertas suara itu datang ketika penghitungan sudah jalan.

“Masak nanti sementara menghitung ada juga yang mencoblos, kan rancu jadinya,” ucap Teguh melalui sambungan telepon.

Untuk diketahui, adapun jumlah DPT TPS 905 mencapai 106 pemilihan dan DPTb mencapai 104 pemilih.

Baca juga: Surat Suara Pemilihan Presiden di Lapas Makassar Kurang, Puluhan WBP Tidak Bisa Memilih

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

2 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: