RT - readtimes.id

Mulai Beras, Hingga Telur, Pemerintah akan Bagikan Bansos Pangan Jelang Hari Raya

Readtimes.id– Bansos pangan berisi telur dan daging ayam akan mulai disalurkan Sabtu (15/4). Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyampaikan bansos akan disalurkan oleh BUMN holding pangan, ID Food ke keluarga rawan stunting (KRS) berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Besok Sabtu kita akan mulai program untuk Keluarga Rawan Stunting (KRS) dengan BKKBN. Kalau KRS tugasnya ID Food karena ayam dan telur ada di ID Food,” kata Arief di Alfamidi Super Bangka Raya, Jakarta Selatan, Jumat (14/4).

Ia menargetkan penyaluran bansos mulai besok hingga Lebaran akan mencapai 58 ribu KRS dari target 1,4 juta KRS. Bansos akan berisi daging ayam 1 kilogram (kg) dan 10 butir telur yang disalurkan selama tiga bulan.Untuk tahap awal, Bansos akan disalurkan di Pulau Jawa.

Selain ayam dan telur, pemerintah juga membagikan bansos pangan berisi beras. Untuk bansos pangan berupa beras, sudah disalurkan mulai 31 Maret lalu.

Untuk tahap pertama, 210 ribu ton beras diberikan untuk 21.353 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Pendistribusian bantuan ini sudah bisa dieksekusi oleh Bulog mulai 31 Maret 2023 dan dilaksanakan secara bertahap untuk disalurkan ke 21.353 KPM sesuai data dari Kementerian Sosial,” kata Arief.

Dalam upaya untuk mengendalikan inflasi, ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Jokowi, mengingat pada momentum hari besar keagamaan nasional (HBKN) permintaan bahan pangan di tengah masyarakat meningkat.

Arief meminta kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mendukung proses pendistribusian bantuan sehingga tepat sasaran, demi kelancaran penyaluran bantuan beras tersebut.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: