RT - readtimes.id

Nasdem Minta Presiden Jokowi Ikut Tolak Pelaksanaan Sistem Pemilu Tertutup

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk turut bersuara terkait isu yang menyebut Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengembalikan sistem Pemilu tertutup. Permintaan tersebut disampaikan Ketua Fraksi Partai Nasdem Robert Row.

Robert menyinggung pernyataan Jokowi yang menyebut dirinya boleh cawe-cawe demi kepentingan negara.

“Presiden kami minta beliau sendiri sampaikan, beliau harus ikut cawe-cawe untuk menjaga kelanjutan pembangunan dan stabilitas negara dalam rangka pemilu 2024,” kata Robert dalam konferensi pers, pada Selasa (30/05/2023).

Menurut Robert, Jokowi seharusnya juga bersuara terkait isu sistem Pemilu tertutup. Ia menyebut bahwa rakyat sejauh ini juga menginginkan Pemilu dilaksanakan secara terbuka.

“Maka saya minta supaya enggak cuma MK yang kami minta, kami minta juga presiden bisa mendukung apa yang menjadi harapan dari masyarakat,” sebutnya.

Robert khawatir jika perubahan sistem Pemilu ini berpotensi menimbulkan kegaduhan. Apalagi, tahapan Pemilu sudah berjalan hampir setahun.

“Khususnya di partai-partai kami ini caleg akan bergaduh mulai dari tingkat bawah DPRD Provinsi sampai pusat,” ungkapnya.

Isu terkait pelaksanaan sistem Pemilu tertutup menimbulkan reaksi dari berbagai pihak. Delapan fraksi DPR RI selain PDIP segera menggelar konferensi pers yang mendesak MK untuk tidak mengembalikan sistem Pemilu jadi proporsional tertutup.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: