RT - readtimes.id

Olahraga vs Diet, Mana yang Lebih Efektif Turunkan Berat Badan?

Readtimes.id– Tubuh memiliki mekanisme tersendiri untuk mengatur kebutuhan energi dengan pembentukan lapisan lemak, tetapi penurunan berat badan tetap membutuhkan waktu. Entah dengan melakukan diet atau olahraga, keduanya sama-sama akan mempengaruhi metabolisme kalori dan mengurangi pembentukan jaringan lemak.

Berbagai penelitian dan ahli gizi telah mencari upaya terbaik untuk mengendalikan berat badan dan obesitas. Baik diet atau olahraga memang dapat menurunkan berat badan. Namun, keduanya memiliki mekanisme dan dampak terhadap tubuh yang berbeda.

Keduanya diketahui mempengaruhi proporsi lemak dan otot pada tubuh. Dengan berolahraga, tubuh akan membakar lemak dan menstimulasi pertumbuhan otot, sehingga tubuh akan memiliki proporsi otot yang lebih banyak.

Sedangkan dengan diet, alias mengatur pola makan, yang paling utama adalah mengurangi asupan kalori harian. Jika dilakukan dengan konsisten, tubuh akan menyesuaikan kebutuhan kalori dengan energi yang dihasilkan dari metabolisme.

Selain itu, terdapat mekanisme lainnya yang menyebabkan upaya berolahraga maupun diet tidak efektif. Berolahraga sangatlah memakan waktu dan efeknya dalam penurunan berat badan sangat mudah hilang. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membakar kalori lebih banyak dan tubuh menyimpan kalori lebih rendah.

Saat berolahraga, kita cenderung mengonsumsi kalori yang memiliki jumlah berlebih dari kebutuhan tubuh, dan ini akan cepat menyebabkan tubuh kelebihan kalori yang akan disimpan dalam bentuk lemak. Akibatnya, berat badan naik kembali tanpa mengalami penurunan yang stabil.

Sedangkan jika memilih melakukan diet untuk menurunkan berat badan, kita harus menjaga tingkat asupan kalori agar tetap stabil, dan hal ini dilakukan hingga berat badan mengalami penurunan yang stabil.
Hal ini menunjukkan bahwa pembatasan pola makan juga merupakan hal yang penting di samping berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Dengan begitu olahraga berlebihan namun pola makan tetap buruk, tidak akan menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan. Sehingga mengatur pola makan dan diiringi dengan olahraga akan menjadi cara yang lebih sesuai.

Avatar

Fransiska Ignasia

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: