RT - readtimes.id

Parenting ala The Return of Superman

Kom se ma-ri-ga
han chi-be-i-so
appa gom
omma gom
ae-gi gom
appa gommun dung-dung-hae
omma gommun nal-shi-nae
ae-gi gommun no mu-gwi-yo-wo
eeshuk eeshuk cha-han-da

Readtimes.id–Parents di rumah ada yang membaca sembari bernyanyi dalam hati lirik lagu di atas?

Jika benar, mungkin parents adalah salah satu penonton dari acara reality show The Return of Superman (TROS). Lagu anak yang menceritakan tentang anggota keluarga beruang favorit seluruh anak seperti si kembar tiga Daehan Minguk Manse.

Bagi parents yang belum familiar, TROS adalah acara hiburan Korea yang merekam kegiatan sehari-hari sebuah keluarga yang terlibat dengan acara ini.

Di awal kemunculannya, acara ini langsung menarik perhatian penonton sebab konsep acaranya terbilang tidak biasa. Di mana, ayah akan ditantang untuk menjadi full time dad selama 48 jam dan memberi free time kepada ibu untuk bersantai sementara.

Acara ini menampilkan para pesohor di negeri ginseng mulai dari aktor Song Il Gook, rapper Tablo, penyanyi Jang Beom Jun hingga  atlet tinju Yoshihiro Akiyama dan pesohor lain yang bergabung selanjutnya.

Nampak jelas ayah-ayah di atas mengalami kesusahan  di hari pertama tanpa pasangan mereka di rumah. Tak dapat dipungkiri, perasaan khawatir tak mampu menjaga anak tanpa dampingan sang istri sering menyelimuti para ayah. Belum lagi kepada mereka yang terbiasa bekerja di luar.

Namun, seiring berjalannya waktu para ayah di Return of Superman bisa menyelesaikan misi walaupun ada saja kendala yang mereka lalui. Dari pengalaman 48 jam para ayah juga belajar bagaimana peran ibu dalam menjaga anaknya selama mereka bekerja. Memberikan jawaban paling logis bagi anak  jika pertanyaan “dimana ibu?” terucap.

Usaha ayah-ayah di TROS mengasuh anak ternyata membuahkan hasil. Wacana tentang pola asuh mereka kepada sang anak menjadi inspirasi bagi para parents di rumah.

Berikut rangkumannya:

  1. Tidak hanya mengajar tapi memberi contoh

Menjadi orang tua memanglah tidak mudah. Tapi,  sebagian parents kadang mengajari anak namun lupa memberi mereka contoh. Dalam reality show  The ini, para orang mengajari anak sembari memberi contoh. Baik berperilaku maupun berkomunikasi.

Di samping itu, mereka tidak ragu berkonsultasi dengan para ahli dalam mengasuh anak. Hal itu demi membantu tumbuh kembang anak.

  1. Memberi apresiasi atas keberhasilan anak

Ayah-ayah di TROS selalu jadi pujaan ibu-ibu di luar sana. Bukan karena kegantengan yang tak kalah dari para oppa-oppa boyband, tapi karena cara mereka memperlakukan anaknya.

Saat sang anak bisa melakukan sesutu yang diperintahkan ataupun diajarkan, para ayah tak lupa memberi pujian kepada mereka.

  1. Menghargai anak

Parents di rumah tentu ingin mengajarkan anak disiplin dan tidak membangkang. Sebagai contoh, jika anak diharapkan selalu mencuci tangan, berdoa ketika hendak makan. Ketika mereka tidak menjalankannya parents bisa menegur namun tidak keras yang menimbulkan trauma.

Saat menegur mereka, lakukan di tempat yang hanya parents dan anak, jangan lakukan di tempat umum sebab anak bisa saja malu, atau hal tak terduga lainnya. Sebab anak juga butuh dihargai.

Itulah sedikit rangkuman pola asuh ala Return of Superman yang bisa parents jadikan catatan. Semoga bermanfaat ya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Ayu Ambarwati

295 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: