RT - readtimes.id

Pembagian Bansos Beras Dimajukan Bulan Ini, Zulhas Ungkap Alasannya

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Pemerintah berencana untuk mendistribusikan bantuan beras kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) pada Senin (11/9) mendatang. Langkah ini merupakan respons terhadap kenaikan harga beras yang masih tinggi.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut setiap penerima manfaat nantinya akan mendapat beras gratis sebanyak 10 kg.

“Terkait harga yang masih naik, untuk menekan harga, pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi berkomitmen akan membagikan beras gratis sebanyak 10 kg kepada 21,3 juta rakyat,” ungkapnya pada Jumat (8/9).

Penyaluran beras bantuan ini dilakukan lebih awal daripada jadwal semula. Awalnya, bantuan direncanakan untuk didistribusikan pada Oktober.

“Untuk menekan harga beras bantuan, pemerintah yang semula akan dibagikan Oktober akan dimajukan di awal September. Tiga bulan berturut September, Oktober, November,” tuturnya.

Zulhas menyatakan bahwa Indonesia saat ini memiliki cadangan beras sekitar 1,6 juta ton, meskipun sedang menghadapi fenomena El Nino dan berbagai pembatasan ekspor beras di banyak negara.

“Memang ada fenomena El Nino, negara-negara melarang ekspor berasnya, tapi tidak perlu khawatir, cadangan beras kita cukup, stok di Bulog masih ada 1,6 juta ton,” katanya. (NM)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: