RT - readtimes.id

Pemprov Sulsel Lepas Petugas Kesehatan Hewan Kurban

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban, Andi Aslam Patonangi selaku Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulsel, mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melepas petugas kesehatan hewan kurban yang dilakukan di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur.

Penyembelihan hewan kurban setiap tahun dilakukan dalam menyambut perayaan lebaran Idul Adha. Para warga nantinya saling menerima dan memberi daging dari hasil kurban tersebut.

Andi Aslam menyampaikan sambutannya dan sedikit menyinggung terkait keamanan dan kelayakan daging kurban.

“Keamanan dan kelayakan hewan serta daging qurban dalam pelaksanaan ibadah kurban Hari Raya Idul Adha 1444 H dilaksanakan pada 29 Juni 2023,” ungkapnya.

Untuk tahun 2023 ini, hewan kurban yang siap mencapai 75.289 ekor sapi, 2.406 ekor kerbau serta 33.279 ekor kambing. Hewan yang akan disembelih untuk kurban ini kebanyakan berasal dari pasokan lokal.

Jumlah pemotongan hewan kurban di Sulsel tahun 2023 ini diprediksi akan mengalami kenaikan jika kita bandingkan dengan tahun 2022 kemarin sebanyak 49.906 ekor hewan kurban, kambing 5.773 ekor dan sapi 44.041 ekor.

Ia juga mengungkapkan tentang bagaimana hewan kurban harus dilindungi dan tidak diperlakukan semena-mena.

“Hewan tidak diperlakukan semena-mena selama pemeliharaan dan saat menjelang proses pemotongan dan kesejahteraan hewan harus dipastikan ketika sebelum disembelih,” pungkasnya.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: