RT - readtimes.id

Pengabdian Masyarakat, Dosen Ilmu Politik Fisip Unhas Gelar Pendidikan Politik dan Pemilu

Readtimes.id– Dosen Departemen Ilmu Politik FISIP UNHAS bekerjasama dengan Bawaslu Kota Parepare melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Bimbingan Teknis Pendidikan Politik dan Pemilu pada kamis,(15/9).

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di kantor Bawaslu Kota Parepare ini dihadiri oleh berbagai kalangan diantaranya Organisasi Kemahasiswaan, Organisasi Kepemudaan, Komunitas Disabilitas, Alumni SKPP serta perwakilan masyarakat lainnya. 

Andi Naharuddin S.IP., M.Si. selaku Narasumber pertama memberikan materi tentang Pemilih Cerdas dan Pemilu Berkualitas. Dia menyampaikan bahwa yang menjadi kunci dalam menentukan pemilu yang berkualitas adalah dari pemilihnya.

Selanjutnya, Prof. Dr. Armin Arsyad selaku Narasumber kedua memberikan materi tentang Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat. Dalam mengakhiri materi, Armin Arsyad juga menyampaikan bahwa kecerdasan dalam memilih pemimpin pada akhirnya akan berdampak pada masyarakat. 

” Ketika kita memilih pemimpin yang baik, yang beruntung kan masyarakat juga, makanya harus cerdas dalam berpartisipasi, pilih pemimpin yang punya kapabilitas,” ujarnya.

Sementara itu  Ketua Program Studi Ilmu Politik FISIP UNHAS yaitu bapak Drs. Andi Yakub, M.Si., Phd mengungkapkan bahwa selain bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya suara masyarakat dalam menentukan calon pemimpin, kegiatan pengabdian masyarakat tak lain adalah sebagai bentuk fungsi dan peran perguruan tinggi, khususnya Departemen Ilmu Politik Universitas Hasanuddin untuk mengimplementasikan berbagai aspek keilmuan serta model-model penanganan permasalahan masyarakat yang secara obyektif sesuai konteks kebutuhan masyarakat.

Harapannya kesadaran masyarakat akan calon yang akan dipilih serta tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu yang akan datang dapat meningkat. Patut diketahui kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Departemen Ilmu Politik Fisip Unhas dengan Bawaslu Kota Parepare.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: