RT - readtimes.id

Pengaruh Obesitas terhadap Potensi Diabetes

Readtimes.id– Tidak dipungkiri lagi keseringan mengonsumsi makanan manis disebut sebagai pemicu utama penyakit diabetes. Namun, ada faktor lain yang jadi penyebab utama, yaitu kelebihan berat badan atau obesitas.

Kelebihan berat badan menyebabkan peningkatan kadar asam lemak dan peradangan, yang menyebabkan resistensi insulin. Sehingga kontrol gula darah diperlukan karena orang obesitas yang terkena diabetes juga berisiko mengalami penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu diabetes juga dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Dokter Grace Hananta menerangkan bahwa orang dikatakan obesitas apabila indeks massa tubuhnya di atas 30 dan mengalami gangguan tidur serta mengganggu aktivitas harian.

“Obesitas dapat menyebabkan resistensi insulin sehingga dapat membuat gula darah terganggu dan apabila tidak diatasi dengan baik maka akan berkembang menjadi penyakit diabetes,” ujarnya.

Oleh karena itu, penting sekali bagi orang diabetes untuk mengontrol tingkat gula darahnya, tambah Grace.

Terjadi resistensi insulin atau insulin tidak dapat berfungsi normal dapat memicu gangguan metabolik pada penderita obesitas. Seseorang obesitas yang sudah makan dapat merasa lapar kembali dalam waktu cepat, dan juga orang yang obesitas memiliki pola makan tidak seimbang yang biasanya terlalu banyak mengandung karbohidrat simpleks dan rendah serat.

“Obesitas dari pola makan tidak sehat itu memang memudahkan diabetes tapi tidak selalu obesitas pasti jadi diabetes yah,” tambahnya.

Kendati demikian, hidup dengan obesitas bukan tanpa risiko, tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Mengelola diabetes termasuk makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, mengurangi stres, mempertahankan gaya hidup sehat, dan dengan pengobatan sesuai klinis dokter.

Avatar

Fransiska Ignasia

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: