RT - readtimes.id

Pentingnya Penanganan Depresi

Readtimes.id– Belum lama ini, Artis Marshanda menjalani terapi ketamin di Amerika Serikat. Marshanda menjalani terapi ini untuk mengatasi masalah depresi yang dialaminya.

Marshanda sengaja pergi ke negara Paman Sam itu untuk menjalani terapi penyembuhan atau healing therapy untuk bipolar dan depresi yang dialaminya.

Terapi ini dijalani untuk mengurangi dosis obat bipolar yang selama ini dikonsumsi dan juga mencegah munculnya episode manik dan depresi karena bipolar yang dialaminya.

Marshanda menggambarkan hal ini seperti berada di dunia mimpi, merasa seperti segala sesuatunya melambat. Proses penyembuhan langsung terjadi pada saat itu juga. Dan menyebutkan bahwa dia mendapatkan banyak jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kehidupan yang sebelumnya menjadi misteri.

Terapi ketamin ini merupakan salah satu jenis obat bius atau anestesi. Meskipun terapi ini belum disetujui di Indonesia, terapi ini sudah mulai digunakan pada 1960 di Belgia untuk hewan seperti kuda. FDA lalu menyetujui ketamin digunakan untuk manusia pada 1970. Dalam perkembangannya, obat ini juga efektif untuk mengatasi depresi.

Orang yang mengalami depresi, biasanya terpuruk karena selain pikirannya negatif, perasaannya pun sangat negatif.
Pikiran ini terus berulang-ulang dan pikiran itu cenderung sangat negatif sehingga sulit bagi mereka untuk pulih dari kondisinya.

Dilansir dari antara, Psikolog dari Universitas Indonesia Kasandra A. Putranto mengatakan ada sejumlah gejala depresi yang harus diwaspadai, di antaranya merasa tidak berharga, merasa bersalah berlebihan, menarik diri dari kehidupan sosial, dan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi.

“Selain itu seseorang yang depresi juga sering kehilangan semangat, tidak ada energi, putus asa, bahkan yang lebih parah adalah muncul pikiran tentang kematian atau keinginan bunuh diri. Penderita depresi akan cenderung malu menceritakan masalahnya pada orang lain, apalagi pada psikolog. Akhirnya, dia menyimpan masalahnya sendiri dan semakin lama kondisi ini akan menariknya dari situasi sosial.” ujarnya

Oleh karena itu, sangat perlu untuk segera berkonsultasi kepada para ahli jika sudah merasa membutuhkan bantuan. Konsultasi akan membantu menemukan akar penyebab stres dan mendapatkan terapi yang tepat.

Menekankan pentingnya penanganan depresi juga tak hanya sebatas pada psikolog. Orang-orang perlu mendapatkan edukasi mengenai depresi dan cara menghadapinya, sehingga bisa segera melakukan pertolongan pertama jika ada orang terdekat yang mengalami masalah itu.

Sangat penting mengedukasi orang-orang disekitar mengenai gejalanya, bagaimana memperlakukan mereka, karena bisa jadi itu bagian dari mekanisme dia untuk diakui.

Avatar

Fransiska Ignasia

3 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: