RT - readtimes.id

Peringatan BMKG, Paparan UV di Level Bahaya 3 Hari ke Depan

Readtimes.id– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, khususnya pukul 10 pagi hingga 16 sore.

Peringatan dari BMKG tersebut dikeluarkan lantaran paparan sinar ultraviolet (UV) yang berada pada level sangat berbahaya. Mengutip dari laman resmi BMKG, indeks UV yang tinggi tersebut dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

BMKG menjelaskan, indeks UV adalah angka tanpa satuan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar ultraviolet yang berkaitan dengan sinar UV yang bermanfaat dan yang bisa berbahaya.

Menurut laporan BMKG, indeks UV mulai mencapai level risiko bahaya tinggi pada pukul 10.00 WIB dan akan menjadi level risiko bahaya sangat tinggi hingga ekstrem pada pukul 11.00 – 12.00 WIB.

Setelahnya, level indeks UV akan menurun ke bahaya tinggi pada pukul 13.00 WIB dan menjadi level bahaya sedang pada pukul 14.00 WIB. Kondisi ini diperkirakan masih akan terus terjadi hingga Kamis, 27 April 2023.

BMKG pun mengimbau masyarakat untuk mengurangi intensitas terpapar sinar matahari antara pukul 10 pagi hingga 4 sore, tetap berada di tempat teduh saat matahari terik siang hari, mengenakan topi lebar, dan kacamata hitam untuk menghalangi sinar UV ketika di luar ruangan.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: