RT - readtimes.id

Perlambatan Ekonomi, Badai PHK Ancam Industri Padat Karya

Doc. Freepik

Readtimes.id– Tren Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menjadi salah satu momok menakutkan pada tahun depan, utamanya untuk industri padat karya.

Hal tersebut diutarakan oleh Wakil ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Shinta Kamdani.

“Pasti akan PHK pada tahun depan, bukannya akan lagi,” sebutnya pada Rabu (21/12).

Ancaman PHK tersebut menghantui tiga industri padat karya, yaitu tekstil, alas kaki, dan furniture. Hal tersebut dapat dilihat dari tren penjualan industri tersebut yang alami penurun hingga 40% menurut Shinta.

Perlambatan ekonomi yang terjadi pada negara tujuan ekspor tekstil Indonesia, khususnya Amerika Serikat dan Eropa menjadi salah satu faktor utama penurunan penjualan ketiga industri padat karya tersebut.

Di sisi lain, pasar tekstil di Indonesia juga terancam oleh barang impor . Perekonomian Indonesia yang cukup baik mengakibatkannya menjadi sasaran empuk produk dari luar negeri.

Guna mengatasi kondisi tersebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun berencana untuk melakukan pendalaman terhadap pasar industri tekstil dalam negeri.

Kami merancang strategi mitigasi, misalnya kepastian bahan baku dan pelarangan impor barang jadi,” ungkap Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kemenperin Adie Rochmanto, Jumat (23/12)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: