RT - readtimes.id

Perwakilan Bank Indonesia Sulteng Dukung Pembangunan KPN di Donggala

Doc. Ant

Readtimes.id–Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah mendukung inisiatif pemerintah daerah setempat dalam membangun Kawasan Pangan Nusantara (KPN) di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala.

Seperti yang diketahui sebelumnya Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah telah menandatangani Surat Keputusan Nomor: 504/117/.1/DBMPR-G.ST/2022 tentang penetapan Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala sebagai Kawasan Pangan Nusantara (KPN) program peningkatan penyediaan pangan nasional atau Food Estate (FE).

Menanggapi ini Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Dwiyanto Cahyo Sumirat mengaku bahwa KPN ini bisa menopang pangan di IKN

“Kawasan pangan yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah itu sangat baik untuk bisa menopang pangan di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur,” ujar Dwiyanto Cahyo pada Senin, (31/10) seperti yang dikutip dari Antara.

Lebih jauh pihaknya memandang hasil dari KPN ini juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah ini

“Kalau jagung dan sorgum yang akan jadi komoditas utamanya itu sangat baik untuk mendukung ketahanan pangan kita, baik di Sulawesi Tengah maupun nasional, “tambahnya.

Untuk diketahui terdapat tiga desa yang berada di sekitar lokasi FE Dampelas, yakni Desa Talaga, Desa Sabang dan Desa Kambayang dengan total penduduk 5.226 jiwa atau sekitar 1.000 kepala keluarga yang sebagian besar bekerja sebagai petani, peternak dan nelayan.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: